1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Ini 3 Tingkat Penyakit Bagi Kamu yang Hobi Foto Selfie, Apa Saja?

Kamis, 04 Januari 2018 17:45 Penulis: Anisha Saktian Putri
copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies siapa sih yang tidak suka selfie? Setiap momen tentu kita mengabadikannya dengan melakukan selfie, ntah itu selfie hanya diri sendiri atau bersama-sama.

Namun siapa sangka jika selfie dapat mendatangkan masalah bagi kesehatan kita. Menurut penelitinya, Dr.Janarthanan Balakrishnan,  foto selfie meningkatkan risiko penyakit selfitis. Yaitu seseorang yang sudah mengalami kecanduan untuk melakukan selfie. Dokter ini juga membagi selfitis menjadi 3 kelompok.

Pembagian ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di India, salah satu negara dengan angka kematian tertinggi yang berhubungan dengan selfie. Pada penelitian tersebut, 34 % responden mengalami selfitis borderline, 40.5% mengalami selfitis akut dan 25.5 % mengalami selfitis kronis. Perlakuan pengambilan selfie secara obsesif lebih banyak pada laki-laki mencapai 57,5 % dibandingkan pada wanita yang hanya 42.5%. Pada penelitian ini juga mendapatkan bahwa kelompok umur 16-20 tahun lebih berisiko terjadinya selfitis. Sembilan persen responden mengambil selfie lebih dari 8 kali dalam sehari dan sekitar 25 % membagi sedikitnya 3 gambar ke sosial media setiap hari.

Selfitis sebagai suatu penyakit juga dibagi menjadi 3 tingkat penyakit:

  1. Boderline: mengambil gambar selfie sebanyak 3 kali dalam sehari tetapi tidak di posting ke sosial media
  2. Akut, mengambil foto selfie sebanyak 3 kali dalam sehari dan memposting seluruh fotonya ke sosial media.
  3. Kronik, jika keinginan membuat foto selfie tidak terkendali dan memposting ke sosial media lebih dari 6 kali per hari.

dr Ari Fahrial Syam MD,PhD, FACP, mengatakan selfie di tempat rekreasi atau saat ada acara masih wajar tetapi tentu tetap harus berhati-hati dalam pengambilan gambar selfie. “Selfie ternyata bisa menyebabkan ketagihan atau adiksi dan bisa menyebabkan penyakit selfitis seperti yang telah disebutkan di atas,” ujarnya

Menurut dr. Ari, kita harus menyikapi dengan bijaksana dan proporsional dalam melakukan selfie. Tetap harus fokus dan aktivitas selfie ini tidak mengganggu aktivitas rutin kita sehari-hari.


(vem/asp/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Nikita Mirzani Menghapus Semua Foto di Instagramnya