Sukses

Beauty

Nutrisi Pada Kunyit Bermanfaat Mengobati Kanker, Really?

Siapa yang tak mengenal kunyit. Setiap orang pasti mengenal rempah yang kaya akan manfaat sehat ini. Selain biasa dimanfaatkan untuk obat, rempah kunyit juga umum digunakan sebagai pewarna alami makanan, sebagai penyedap masakan bahkan sebagai minuman. Kunyit juga menjadi bahan dasar untuk membuat produk kecantikan dan bahan alami untuk merawat kulit, rambut juga bagian tubuh lainnya.

Berbicara mengenai kunyit, dilansir dari laman boldsky.com, para peneliti percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam kunyit bisa mencegah dan mengobati kanker atau anti kanker. Ada beberapa senyawa aktif yang terkandung di dalam kunyit yang ampuh membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

Antioksidan yang terkandung di dalam kunyit ampuh menangkal radikal bebas. Salah satu penelitian yang dilakukan ahli kanker menyebutkan jika kandungan kurkuminoid pada kunyit berkhasiat lebih kuat menangkal kanker hingga 8 kali lipat jika dibandingkan dengan vitamin E. Senyawa curcumin pada kunyit juga mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker, meredakan nyeri, menangkal bau dan gatal pada luka akibat kanker.

Peneliti menemukan bahwa kandungan antimikroba pada kunyit bermanfaat menghambat pertumbuhan berbagai jenis jamur, bakteri dan virus. Tak hanya sebagai anti kanker, kunyit ternyata juga baik sebagai anti racun dan anti pikun (alzheimer).

Konsumsi kunyit secara rutin baik sebagai minuman atau bumbu dalam masakan, ini memiliki segudang manfaat sehat termasuk salah satunya mencegah kanker. Meski beberapa ahli percaya kunyit bisa menjadi anti kanker, penelitian lanjut mengenai khasiat kunyit akan terus dikaji.

Konsumsi kunyit saja tidak cukup untuk mencegah dan mengobati kanker. Penting bagi kita untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat, konsumsi berbagai vitamin yang mencegah pertumbuhan sel kanker, memiliki olahraga cukup, memiliki istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading