Sukses

Health

3 Hal yang harus Kamu Lakukan Jika Kebanyakan Makan Makanan Asin

Ada kalanya kita makan makanan yang terlalu asin dalam jumlah banyak, entah itu gorengan, keripik dan berbagai camilan asin gurih lainnya. Seperti yang diketahui, terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan di dalam tubuh.

Garam memang sebagian akan diserap tubuh tapi sisanya akan dibuang melalui urin. Meski demikian, terlalu banyak garam di tubuh bisa membuat ginjal dan hati kelelahan karena harus bekerja keras menyaring darah. Bukan hanya itu, terlalu banyak garam dalam tubuh juga membuat darah mengental sehingga membuat peredaran kurang lancar, wajah membengkak, tekanan darah naik hingga risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui cara mengatasinya. Ini sekian cara yang harus dilakukan jika terlalu banyak makan makanan asin.

 

1. Minum banyak air putih

Minumlah lebih banyak air putih karena air akan dialirkan ke pembuluh darah sehingga darah tidak mengental dan dapat membantu penyaringan darah lebih ringan di ginjal. Kelebihan garam di dalam tubuh akan dibuang melalui air seni. Air putih juga akan mampu menetralkan dan membantu pembuangan garam dari dalam tubuh lebih cepat.

2. Makan pisang

Kalium dalam buah pisang dapat membantu menetralkan dan menurunkan kadar garam atau sodium di dalam tubuh. Bukan hanya buah pisang, sayuran hijau, kentang dan kedelai juga memiliki fungsi yang sama seperti buah pisang. Cukup makan satu buah pisang untuk membantu menetralkan garam.

3. Olahraga

Jika merasa berat badan makin bertambah karena kebanyakan makan asin gurih, olahraga lah. Bisa olahraga ringan dengan jalan-jalan, senam atau yang lainnya sehingga bisa mengeluarkan kelebihan garam yang tertahan di dalam tubuh. Dengan olahraga, secara alami kamu akan ingin minum air lebih banyak karena kelelahan atau dehidrasi.

Lakukan tips di atas ya jika kamu kebanyakan makan yang asin-asin. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading