Sukses

Beauty

Bukti Penelitian! Minum Secangkir Teh Tiap Hari Turunkan Risiko Glaukoma

Jika kamu adalah pecinta teh hangat dan suka minum teh setiap hari, sepertinya kabar berikut ini jadi salah satu kabar menggembirakan buat kamu. Karena ternyata, minum secangkir teh setiap hari punya manfaat besar untuk kesehatan mata.

Penelitian yang dilakukan peneliti Warren Alpert Medical School of Brown University dan University of California’s David Geffen School of Medicine mengamati data yang dikumpulkan dari 10 ribu orang di Amerika Serikat antara tahun 2005-2006 dari National Health and Nutrition Examination survey dan menemukan bahwa minum secangkir teh setiap hari menurunkan risiko glaukoma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan British Medical Journal of Ophthalmology ini mengambil sampel darah dan uji fisik, peneliti menarik korelasi antara konsumsi kopi berkafein dan kopi dekafein, es teh, teh panas, soft drink dengan glaukoma.

Secangkit teh tiap hari bisa jauhkan mata dari glaukoma/copyright Pexels.com

Peneliti juga mengontrol dari segi usia, massa tubuh, jenis kelamin, etnis, status merokok dan diabetes. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang minum paling tidak satu cangkir teh panas/hangat punya potensi menurunkan risiko glaukoma hingga 74%, dibanding mereka yang tidak pernah atau jarang minum teh panas.

Glaukoma sendiri adalah kondisi mata di mana saraf optik mengalami kerusakan akibat tekanan cairan di dalam mata sehingga menyebabkan buta sebagian atau total. Dan glaukoma disebut sebagai salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia.

Jadi jika ingin menjaga kesehatan mata dengan cara yang menyenangkan, jangan lupa minum teh hangat secangkir setiap hari ya!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading