Sukses

Beauty

5 Gejala Liver Bermasalah, Cek Sebelum Terlambat!

Organ hati (liver) merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh kita. Fungsi liver sangatlah penting untuk mendukung fungsi dan aktivitas organ tubuh lainnya. Liver punya banyak sekali fungsi, mulai dari membersihkan darah dari obat dan zat berbahaya lainnya (detoksifikasi) hingga mengendalikan sirkulasi hormon.

Penting sekali untuk memastikan liver dalam kondisi sehat. Hanya saja tak semua orang paham akan kondisi liver yang bermasalah, seperti sejumlah gejala berikut ini. Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Nyeri di Area Kanan Perut Bagian Atas
Dilansir dari brightside.me, merasa nyeri di area kanan perut bagian atas bisa jadi tanda livermu bermasalah. Nyerinya bisa tumpul juga tajam. Ketika liver terkena penyakit, maka tidak bisa berfungsi dengan efisien. Malah bisa bengkak dan tubuh menunjukkan tanda-tanda keracunan karena fungsi liver adalah membantu proses detoksifikasi tubuh.

Bengkak di Area Kaki dan Pergelangan Kaki
Coba cek apakah area kaki, paha, hingga pergelangan kakimu bengkak. Ketika liver bermasalah, salah satu efeknya adalah menyebabkan hipertensi. Akibatnya bisa menyebabkan pembengkakan di area kaki. Meski tidak terasa sakit, kalau kamu mengalami pembengkakan ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Cek kondisi kesehatanmu./Copyright shutterstock.com

Berat Badan Naik
Sudah berusaha olahraga rutin dan menjaga pola makan tapi berat badan terus naik? Bisa jadi penyebabnya karena liver tidak berfungsi dengan baik. Ketika liver tak bisa menyaring dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh, maka terjadi penumpukan racun di sel-sel lemak. Sehingga membuat berat badan naik dan susah dikontrol.

Gampang Kena Alergi
Salah satu penyebab alergi adalah liver yang bekerja berlebihan. Saat zat yang masuk ke dalam aliran darah makin banyak, otak akan menganggapnya sebagai alergen dan mengeluarkan antibodi dan zat-zat yang bisa menyebabkan ruam-ruam gatal. Sedangkan kalau liver berfungsi dan bekerja dengan baik, darah akan dibersihkan dan bebas dari molekul-molekul berbahaya.

Kulit dan Mata Menguning
Ketika mata atau kulit menguning, bisa jadi ini tanda penyakit kuning yang merupakan gejala malfungsi liver. Penyakit kuning biasanya membuat sistem tubuh mengumpulkan terlalu banyak bilirubin. Ketika liver tidak bisa mengeluarkan bilirubin dengan sel-sel darah lama, efeknya bisa membuat kulit dan mata jadi kekuningan.

Selain gejala-gejala di atas, waspadai juga gejala tubuh yang gampang merasa lelah. Kalau kamu sering gampang capek, letih, dan lesu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena livermu bermasalah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading