Sukses

Beauty

4 Manfaat Menakjubkan Olahraga Squat pada Tubuh Wanita

Pernah dengar olahraga squat? Olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan, tak membutuhkan peratan khusus dan bisa dilakukan di mana saja. Dan ternyata olahraga simpel ini pun memiliki sejumlah manfaat luar biasa.

Gerakan dasar squat cukup mudah dilakukan. Tinggal berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. Seperti yang dilansir dari healthmeup.com, gerakan squat ini bisa membakar kalori di area paha, betis, dan pinggul. Melakukan gerakan squat selama 15 menit bisa bantu membakar sekitar 200 kalori dalam tubuh. Selain bisa membakar kalori, gerakan squat juga bisa memberi sejumlah manfaat luar biasa pada tubuh wanita. Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

Mengurangi Risiko Cedera
Gerakan squat mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, ligamen dan jaringan. Gerakan ini juga bisa bantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Dengan latihan squat, risiko cedera kaki akan berkurang karena fleksibilitas otot sudah terlatih dengan baik. Sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Squat bisa menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot. Selain itu juga bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot. Proses metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin juga lebih lancar. Efeknya tubuh bisa terlindungi dari sejumlah penyakit seperti seperti diabetes, obesitas dan gangguan kardiovaskuler.

Gerakan squat yang sederhana bisa memberi banyak manfaat./Copyright thinkstockphotos.com

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh
Karena gerakan squat fokusnya melatih otot tubuh bagian bawah, maka keseimbangan dan kekuatan tubuh akan meningkat. Saat kita dalam posisi setengah jongkok, otot akan dituntut menopang berat tubuh dan menyeimbangkan posisi. Kaki jadi lebih kuat dan keseimbangan tubuh tetap terjaga meski usia terus bertambah.

Membuat Tubuh Tampak Lebih Seksi
Gerakan squat bisa mengencangkan otot pantat. Kalau dilakukan secara rutin, gerakan squat bisa membantumu mendapatkan tubuh yang lebih berisi dan seksi. Selain melatih otot kaki, gerakan squat juga bisa membentuk pantat jadi tampak lebih kencang. Tak hanya membakar lemak, squat juga diaykini bisa meningkatkan massa otot tubuh.

Itu tadi sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan melakukan gerakan squat rutin. Ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan squat, ya ladies. Agar nantinya tidak ada otot yang kram atau cedera saat melakukan squat.






(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading