Sukses

Beauty

Susu & Jus Jeruk, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi Saat Pagi?

Untuk memulai aktivitas pagi, minuman apa yang sering menjadi pilihan kamu? Air putih, susu, teh, kopi atau jus jeruk? Semua minuman ini adalah minuman pendamping sarapan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Masing-masing memiliki rasa yang khas dan khasiat mengagumkan buat kesehatan.

Bicara mengenai minuman tersebut terkhusus susu dan jus jeruk? Kira-kira mana yang lebih baik untuk dikonsumsi saat pagi? Dilansir dari prevention.com, ini masing-masing kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Jus Jeruk
Kelebihan: Jus jeruk mengandung kalori cukup kecil. Jus jeruk juga mengandung vitamin C serra antioksidan yang bermanfaat sehat buat tubuh. Minuman ini juga sangat baik buat kecantikan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kekurangan: Meski mengandung banyak vitamin C dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi jus jeruk saat pagi secara berlebihan dan terlalu sering bisa merusak enamel gigi. Yanfeng Ren, PHD seorang ilmuwan dari University of Rochester Eastman Institute for Oral Health mengungkapkan jika kandungan pada jus jeruk bisa merusak enamel gigi hingga 80% ketika ia dikonsumsi secara berturut-turut selama 5 hari saat pagi.

Susu dikatakan lebih baik untuk dikonsumsi saat pagi karena menyehatkan gigi/copyright jeffriddle.com

Susu
Kelebihan: Susu mengandung protein dan kalsium sehat yang dibutuhkan tubuh selama satu hari ke depan. Susu juga bersifat mengenyangkan sehingga sangat baik untuk nutrisi diet sehat sehari-hari.

Kekurangan: Walau kaya protein dan kalsium sehat, konsumsi susu berlebihan terlebih lagi jika susu tersebut bukan susu bebas lemak, ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kardiovaskular berbahaya lainnya.

Lantas, mana yang baik dikonsumsi saat pagi hari? Yanfeng menyebutkan bahwa yang terbaik diminum saat pagi adalah susu. Dibandingkan jus jeruk, susu justru memperkuat dan memperbaiki enamel gigi. Susu juga baik buat kesehatan tulang.

"Jus jeruk yang bersentuhan langsung dengan gigi lebih lama bisa meningkatkan risiko kerusakan pada gigi. Kalau pun setelah minum jus jeruk langsung sikat gigi, ini justru lebih tidak baik lagi. Susu adalah nutrisi yang lebih baik dikonsumsi saat pagi. Konsumsi susu dalam jumlah tepat, ini memiliki segudang manfaat sehat. Susu tak akan menyebabkan diabetes atau penyakit berbahaya lain ketika kamu memiliki gerak tubuh cukup setiap harinya atau setelah meminumnya," ungkap Yanfeng.

Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga, kita juga semakin bijak memilih minuman maupun makanan yang hendak dikonsumsi sehari-hari.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading