Sukses

Beauty

Minum Kopi dan Teh Saat Haid, Sebenarnya Boleh Nggak Sih?

Saat sedang haid, makanan dan minuman yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Berbagai gejala PMS seperti pusing, nyeri haid, dan mood swing biasanya akan sangat mengganggu aktivitas kita. Untuk itu pola makan menjelang dan saat sedang haid memang harus betul-betul dijaga.

Umumnya ketika sedang haid, kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar. Sebisa mungkin perlu menghindari konsumsi junk food atau makanan instan berlebihan. Cuma pernah nggak kamu merasa bingung sebenarnya saat haid boleh nggak sih minum teh dan kopi?

Minum teh atau kopi selama tidak berlebihan tidak masalah./Copyright pexels.com

Seperti yang dikutip dari shape.com, minum teh dan kopi saat haid itu boleh-boleh saja. Teh chamomile bisa jadi pilihan teh yang paling tepat. Karena teh ini diyakini memiliki kandungan yang bisa bantu meredakan otot kaku dan mengatasi tekanan penyebab perasaan tak tenang. Sementara itu teh jahe bisa membantu mengatasi perut kembung dan mual saat haid.

Untuk kopi, mungkin efeknya bisa berbeda pada setiap orang. Kalau kamu merupakan penikmat kopi, minum kopi secukupnya saat haid mungkin tidak akan masalah. Segelas kopi bisa membantu meningkatkan energi dan membuatmu bersemangat melakukan aktivitas. Tapi kalau nyeri haid sedang parah, kurang disarankan untuk minum minuman yang berkafein tinggi.

Satu hal yang pasti, saat sedang haid sangat dianjurkan memperbanyak minum air putih. Bisa juga konsumsi buah pisang yang kaya akan kandungan vitamin B6, magnesium, dan kalium yang baik untuk tubuh. Buah semangka juga cukup direkomendasikan dikonsumsi saat haid karena mengandung gula alami dan serat yang baik untuk tubuh.

Selama konsumsinya tak berlebihan, teh dan kopi bisa tetap dinikmati saat haid. Usahakan juga istirahat dan tidur cukup selama haid agar kondisi tubuh tidak ngedrop, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading