Sukses

Beauty

Belum Banyak Wanita yang Tahu, Ini Lho Penyebab Payudara Nyeri Jelang Haid

Ladies, apakah kamu sering merasakan nyeri di area payudara setiap kali akan haid? Biasanya payudara terasa kencang dan kalau disentuh bikin nyeri. Pastinya benar-benar tidak nyaman sekali ya rasanya.

Nyeri payudara merupakan salah satu gejala PMS (premenstrual syndrome). Ini adalah masa-masa yang cukup menyiksa menjelang haid karena beberapa bagian tubuh akan terasa sakit dan nyeri tak karuan. Belum lagi dengan emosi yang juga nggak stabil, jadi makin gampang uring-uringan.

Hanya saja belum banyak yang tahu penyebab kenapa menjelang haid, payudara terasa nyeri. Seperti yang dilansir oleh popsugar.com, kira-kira satu minggu sebelum masa menstruasi, tubuh akan memproduksi hormon estrogen dan progesteron dalam jumlah besar. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan sejumlah gejala yang membuat tubuh rasanya sakit semua, termasuk payudara yang terasa nyeri.

Menjelang haid, produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat./Copyright thinkstockphotos.com

Pada masa menjelang haid, tubuh akan menyimpan banyak air, yang sekaligus menjadi penyebab "pembengkakan" di beberapa bagian tubuh, termasuk payudara. Penumpukan cairan itu juga akan memaksa jaringan payudara untuk melebar, dan memperluas saraf, sehingga menyebabkan rasa sakit serta nyeri pada payudara.

Salah satu cara untuk mengurangi intensitas nyerinya adalah dengan membatasi konsumsi garam. Mengurangi  konsumsi garam juga sangat berpengaruh untuk mengurangi rasa nyeri. Kenapa bisa begitu? Soalnya sifat garam yang mengikat air bisa membuat tubuh menyimpan lebih banyak air, jadi kalau konsumsi garam berlebih maka rasa nyeri payudara yang dirasakan makin parah.

Biasanya rasa sakit dan nyerinya akan berkurang perlahan saat sudah memasuki masa menstruasi. Pastikan kamu memilih bra yang tepat agar bisa menopang payudara dengan baik dan rasa nyerinya tidak makin parah.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading