KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Sekian Sayuran Ini Semakin Tinggi Gizi Justru Setelah Dimasak Lho!

Kamis, 07 Desember 2017 13:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Sayuran lebih sehat setelah dimasak/copyright Pexels.com

Vemale.com - Sayuran memang salah satu bahan makanan paling bernutrisi di dunia, tapi sayangnya banyak sayuran yang kehilangan gizinya setelah dimasak. Untungnya, tidak semua sayuran mengalami hal ini, karena ternyata beberapa sayuran justru lebih bergizi dan punya manfaat sehat lebih baik justru setelah dimasak. Beberapa sayuran tersebut adalah...

1. Tomat
Tomat mengandung lebih banyak lycopene ketika dipanaskan atau dimasak. Tapi sayangnya, sebagai gantinya, vitamin C dalam tomat juga berkurang banyak. Lycopene adalah antioksidan kuat yang sangat dibutuhkan kulit untuk regenerasi dan menjaga keremajaan.

2. Kentang
Kentang tak bisa dimakan mentah, karena kemungkinan punya kandungan racun. Setelah direbus, kentang punya kandungan serat dan karbohidrat yang baik sebagai pengganti nasi. Kentang juga rendah gula darah sehingga sangat baik untuk diet.

3. Wortel
Wortel, sama halnya dengan tomat, adalah sumber vitamin A dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Dan wortel punya lebih banyak vitamin ketika setelah dipanaskan atau dimasak, terutama kandungan beta karoten-nya, salah satu jenis vitamin A.

Tomat dan wortel lebih tinggi gizi setelah dimasak/copyright Pexels.com

4. Bayam
Bayam juga tidak bisa dimakan mentah, memasak bayam akan meningkatkan kandungan asam folat, yang khususnya dibutuhkan ibu hamil, dan umumnya dibutuhkan tubuh karena membantu menjaga kinerja optimal sistem saraf. Tapi hati-hati, karena terlalu lama masak bayam bisa menghilangkan vitamin dan mineralnya.

5. Labu
Labu punya kandungan beta karoten dan antioksidan lebih banyak setelah matang. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi dan antioksidan pada labu saat mentah. Lagipula, labu lebih empuk dan mudah dicerna setelah matang, jadi tak ada alasan memakannya mentah.

6. Brokoli
Memasak brokoli bisa melepaskan kemampuannya dalam menurunkan kolesterol tubuh. Setelah direbus, brokoli juga memproduksi senyawa yang membantu membunuh sel-sel kanker. Tapi jangan terlalu lama memasak brokoli jika tak ingin nutrisinya hilang.

Itu dia sekian sayuran yang lebih sehat justru setelah dimasak. Ketika sayuran lainnya gizinya berkurang banyak setelah dimasak, sayuran ini justru makin kaya gizi yang bisa diserap tubuh.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA