KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Biar Haid Selalu Teratur dan Tepat Waktu, Coba 5 Tips Alami Ini

Kamis, 07 Desember 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Tips haid teratur./Copyright Unpopulart

Vemale.com - Siklus haid bisa jadi dilema sendiri bila tidak teratur. Ketika siklus haid datang lebih cepat atau malah terlambat, seringkali kita akan dibuat was-was sendiri. Belum lagi dengan tubuh yang jadi gampang ngedrop, nggak enak banget deh rasanya.

Agar haid selalu teratur dan tepat waktu, kita bisa memulainya dengan cara-cara yang alami. Kuncinya memang menjaga pola hidup dan kebiasaan sehat. Seperti dengan mengikuti lima tips berikut ini.

Kelola Stresmu
Tahu nggak kalau salah satu penyebab telatnya haid itu adalah stres? Dengan kata lain, kalau nggak ingin haid telat, usahakan untuk tidak stres. Buat tubuhmu rileks, bisa dengan berendam di air hangat atau meluangkan waktu khusus untuk istirahat teratur. Setidaknya selalu penuhi kebutuhan tidur cukup setiap harinya. Kalau stres bisa diatasi dan dikelola dengan baik, siklus haid nantinya bisa jadi teratur dengan sendirinya.

Batasi Konsumsi Makanan Olahan dan Berpemanis
Seperti yang dilansir oleh deliciousliving.com, penting untuk menjaga pola makan sehat agar haid teratur. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan instan, dan yang mengandung banyak pemanis. Perbanyak sayur dan buah. Dengan begitu gula darah bisa stabil dan produksi kortisol dalam tubuh tidak lagi berlebihan. Bahkan buah-buahan seperti mangga dan nanas bila dikonsumsi teratur bisa membuat suhu tubuh basal meningkat. Efeknya kemudian bisa membantu haid lebih lancar.

Konsumsi makanan sehat./Copyright thinkstockphotos.com

Kontrol Berat Badan, Jangan Sampai Kegemukan
Salah satu penyebab haid jadi tidak teratur itu bisa karena kegemukan. Jaringan lemak yang menumpuk di tubuh bisa menyebabkan perlepasan estrogen yang bisa mengakibatkan keluarnya darah haid yang berlebihan (heavy periods). Kenapa bisa begitu? Seperti yang dikutip dari newhealthadvisor.com, hal ini bisa terjadi dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang dapat mempengaruhi ovulasi. Untuk mendapatkan haid yang rutin, penting untuk menjaga berat badan stabil. Dengan begitu kita bisa mengusahakan agar kadar estrogen serta kolesterol juga stabil.

Lakukan Gerakan Yoga
Pada dasarnya, olahraga bisa bantu redakan stres dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Salah satu jenis olahraga yang disarankan agar haid teratur adalah yoga. Standing pose seperti triangle dan half-moon bisa dilakukan untuk merilekskan otot panggul. Sejumlah gerakan yoga sederhana bisa dilakukan untuk membuat otot-otot tubuh rileks dan membantu siklus haid lebih lancar lagi.

Jaga pikiran agar tidak gampang stres ya./Copyright thinkstockphotos.com

Cukupi Kebutuhan Vitamin C
Dosis vitamin C yang dikonsumsi sebaiknya tak melebihi 60 mg per hari. Cukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya untuk membantu melancarkan haid. Sumber vitamin C bisa diambil dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Imbangi juga dengan minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Itu tadi lima tips sederhana yang bisa dicoba agar siklus haid teratur dan tepat waktu. Menjaga pola hidup dan kebiasaan sehat jadi kunci utama agar haid bisa lancar setiap bulannya. Semoga infonya bermanfaat, ladies!

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA