KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Kenapa Saat Haid, Bau Mulut Makin Tak Enak?

Selasa, 05 Desember 2017 18:45 Penulis: Endah Wijayanti
Bau mulut?/Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Saat sedang haid, kita perlu meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga kebersihan badan. Tak hanya soal kebersihan Miss V tapi juga kebersihan anggota tubuh lain. Kebersihan gigi dan mulut pun tetap perlu diperhatikan selama haid.

Mungkin kamu pernah mengalaminya atau pernah mendapati situasi ini dialami oleh temanmu yang lain. Ketika sedang haid, bau mulut cenderung jadi makin tak enak. Tak hanya itu saja, kadang gusi juga ikut berdarah atau bengkak. Hm, kenapa hal itu bisa terjadi?

Seperti yang dilansir oleh blog.solsticebenefits.com, sebagian besar wanita mengalami penurunan kadar saliva (air liur) saat haid. Akibatnya mulut jadi kering dan bau mulut jadi tak sedap. Saat mulut dalam kondisi kering, bakteri mengeluarkan bau yang tak enak. Untuk mengatasinya, kita bisa lebih rutin gosok gigi dan menggunakan penyegar mulut (mouthwash). Pastinya juga perbanyak minum air putih.

Kadar saliva menurun bikin mulut jadi kering./Copyright shutterstock.com

Kadar estrogen yang tinggi saat haid juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mulut dan gusi. Jadi, tingginya kadar estrogen ini bisa menyebabkan pembengkakan dan inflamasi pada gusi. Ketika sudah mendekati tanggal haid atau mau menstruasi, perlu lebih hati-hati lagi saat membersihkan gigi dan gusi, ya. Karena kondisi gusi bisa lebih sensitif dan rentan terjadi gusi berdarah.

Penting juga untuk tidak melukai gusi saat sedang haid. Karena saat gusi terluka, dikhawatirkan akan muncul canker sore. Canker Sore yang dalam istilah medis aphthous ulcers ini merupakan sejenis sariawan yang jumlahnya lebih dari satu. Kondisi ini biasanya bertahan sampai lebih dari 2 minggu, kejadiannya bisa sering berulang pada beberapa orang. Jangan sampai deh ya pas haid didera sariawan yang menyakitkan, nanti jadi dobel-dobel penderitaannya.

Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut perlu dilakukan setiap hari. Terlebih saat menjelang atau sedang haid, kesehatan dan kebersihannya harus lebih diperhatikan lagi, ya ladies.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA