KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

5 Tanda Gejala Haidmu Bermasalah, Penting Banget Dicek!

Sabtu, 02 Desember 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Cek gejala haidmu./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Gejala PMS dan haid setiap wanita bisa berbeda satu sama lain. Karena memang pola makan dan pola hidup setiap wanita tidak sama. Hanya saja ada sejumlah gejala haid yang perlu kita waspadai.

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, haid yang kita alami bisa memperlihatkan kondisi kesehatan tubuh kita. Kondisi haid bisa jadi indikator kesehatan ginekologi. Kalau haid kita menunjukkan tanda yang tak biasa, ini bisa jadi gejala ada yang bermasalah di dalam tubuh kita. Berikut ini lima tanda yang perlu diwaspadai karena bisa jadi indikasi ada tubuh kita mengalami masalah atau gangguan kesehatan.

Sering Mengeluarkan Banyak Gumpalan Darah
Kalau jumlah gumpalan darah yang keluar saat haid sedikit, itu nggak jadi masalah. Tapi kalau gumpalan darah yang keluar banyak dan sering, ini bisa jadi tanda adanya fibroid uterus di dalam rahim.

Perhatikan lagi kondisi yang kamu alami setiap bulan./Copyright shutterstock.com

Volume Darah yang Keluar Sangat Banyak
Kalau volume darah yang keluar saat haid sangat banyak, ini bisa jadi ada polip di dalam rahim. Apalagi kalau disertai sesak napas dan pusing, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Haid Berlangsung Lebih dari 7 Hari
Durasi haid yang berlangsung lebih dari tujuh hari bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi bisa juga ini jadi indikasi kamu mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur dan polip rahim.

Cek gejala haid yang sering kamu alami./Copyright shutterstock.com

Siklus Berlangsung Kurang dari 20 Hari
Coba cek lagi siklus haidmu. Kalau siklusnya kurang dari 20 hari, waspada gejala disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Bisa juga pertanda adanya PCOS atau polip rahim.

Sering Telat Haid
Kalau sedang stres atau melakukan olahraga intens, biasanya siklus haid akan telat. Tapi gangguan tiroid juga bisa menyebabkan telat haid. Kalau kamu sering telat haid, sebaiknya segera cek ke dokter karena bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhmu.

Untuk lebih amannya, bila kamu mengalami tanda-tanda di atas saat haid, segera periksakan diri ke dokter, ya ladies. Semakin cepat ditangani, semakin besar peluang kamu terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih serius.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA