Sukses

Beauty

Mengenal Aortic Aneurysm yang Merenggut Nyawa Pak Bondan

Kabar meninggalnya Pak Bondan membuat Indonesia kembali berduka. Sebelum meninggal dunia, Pak Bondan sempat menceritakan penyakit yang dialaminya. Dari screen shot unggahan akun twitter arieparekesit, Pak Bondan sempat menceritakan kronologis sakitnya. Pak Bondan mengalami Aortic Aneurysm.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Pak Bondan Bongkar Rahasia Penyakit yang Disembunyikan

Apa Itu Aortic Aneurysm?

Aortic Aneurysm adalah melemahnya dan membengkaknya area pada aorta, pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke seluruh tubuh. Aorta adalah saluran yang terbentang dari jantung ke tubuh melalui bagian tengah dada dan area perut. Karena aorta adalah penyuplai darah utama, pecahnya aortic aneurysm dapat menyebabkan pendarahan yang dapat mengancam jiwa penderitanya.

Dikutip dari laman webMD Aortic Aneurysm dapat terbentuk di bagian manapun dari aorta, tapi paling sering terjadi di area perut (aneurisma aorta abdomen). Aortic Aneurysm juga bisa terjadi di bagian atas tubuh (thoraks aortic aneurysm) Aneurisma aorta toraks juga dikenal sebagai aneurisma aorta menaik atau turun.

Dinding aorta biasanya sangat elastis. Ini bisa meregang dan kemudian menyusut kembali sesuai kebutuhan untuk beradaptasi dengan aliran darah. Tapi beberapa masalah medis, seperti tekanan darah tinggi dan aterosklerosis (pengerasan arteri), melemahkan dinding arteri. Seiring dengan keausan yang terjadi secara alami dengan penuaan, bisa mengakibatkan dinding aorta yang lemah yang menonjol ke luar.

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya. Tetap jaga kesehatan dan selalu utamakan untuk menjalani pola hidup sehat. Stay healthy, ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading