Sukses

Beauty

Awas, Diabetes Jadi Penyebab Utama Kematian No. 9 Bagi Wanita

Ladies tahukah kamu jika saat ini ada lebih dari 199 juta wanita hidup dengan mengidap diabetes? Hal ini diprediksi akan meningkat menjadi 313 juta pada tahun 2040 nanti. Dua diantara lima wanita dengan diabetes berada pada usia produktif, meliputi sekitar lebih dari 60 juta orang di dunia.

Sayangnya, wanita yang menderita diabetes susah hamil dan biasanya penyakit ini memiliki dampak buruk terhadap kehamilan. Parahnya, diabetes merupakan penyebab utama kematian nomer 9 pada wanita di tingkat global. Penyakit ini menyebabkan 2,1 juta kematian setiap tahunnya.
 
"Sebagai dampak sosioekonomi di negara berkembang, remaja putri dan wanita mengalami kesulitan dan hambatan dalam mengakses layanan pencegahan diabetes yang terjangkau dan efektif termasuk deteksi dini, kondisi terutama diagnosis pengobatan
tepat, layanan kesehatan," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr. HM Subuh, MPPM, saat ditemui di Jakarta.

Kira-kira 1 diantara 7 kelahiran dipengaruhi oleh Diabetes Gestasional (GDM), suatu kondisi yang parah dan terabaikan terhadap kesehatan Ibu dan bayinya. Sebagian besar penyandang DM akan menjadi diabetes type 2 dimana ke depannya akan berdampak terhadap peningkatan komplikasi kesehatan termasuk peningkatan pembiayaan kesehatan.

"Para wanita dan remaja putri harus diberdayakan untuk memperoleh akses terhadap sumber informasi dan layanan pencegahan agar dapat terhindar atau mencegah terjadinya DM Gestasional yang akan mempengaruhi kualitas generasi mendatang," tutupnya.

Ladies, yuk sedari dini perbanyak pengetahuan agar bisa mencegah penyakit ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading