Sukses

Beauty

Makanan Harus Dikunyah Pelan-Pelan, Ini 4 Alasan Pentingnya

Ladies, sudahkah kita mengunyah makanan dengan benar? Mungkin hal ini sering dianggap sebagai hal sepele atau tidak penting. Tapi sebenarnya cara kita mengunyah makanan juga berdampak pada kesehatan kita.

Dikutip dari boldsky.com, sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko obesitas atau sindrom metabolik (beberapa kondisi yang terjadi seperti peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah yang tinggi, kelebihan lemak dalam tubuh di sekitar pinggang, dan peningkatan kadar kolesterol yang tidak biasa, yang mana kondisi-kondisi tersebut terjadi bersamaan sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes). Selain itu, mengunyah terlalu cepat juga bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang tiba-tiba dan menyebabkan resistensi insulin (kondisi di mana insulin (hormon yang disekresi oleh pankreas untuk mengontrol level gula darah dalam tubuh) tidak lagi bekerja dengan semestinya).

Kunyah makananamu pelan-pelan./Copyright shutterstock.com

Sementara itu kalau kita mengunyah makanan kita pelan-pelan, kita akan mendapatkan sejumlah manfaat berikut ini.

Nafsu Makan Bisa Lebih Terkendali
Otak butuh waktu 15-20 menit untuk menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang. Di sinilah penting bagi kita untuk makan secara perlahan, untuk memberi waktu yang cukup sinyal kenyang tersampaikan ke otak dengan baik. Salah satu dampak positifnya kemudian adalah nafsu makan bisa lebih terkendali dan terhindar dari makan berlebihan.

Sistem Pencernaan Berjalan Lebih Lancar
Saat makanan bisa dikunyah perlahan, nantinya makanan akan dicerna dengan lebih mudah. Kandungan vitamin, mineral, dan asam amino bisa diserap dengan lebih efisien oleh tubuh. Berbeda bila kamu makan dengan buru-buru yang membuat makanan tidak bisa dicerna dengan optimal di dalam tubuh.

Berat Badan Terjaga dengan Baik
Makan perlahan, kamu bisa lebih mudah mengatur porsi makanmu. Sehingga berat badan pun nantinya juga akan ikut terjaga dengan baik.

Terhindar dari Heartburn
Apa itu heartburn? Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Kondisi ini bisa terjadi bila kamu makan terburu-buru atau menelan makanan tanpa dikunyah perlahan.

Nah, sudah tahu kan sekarang manfaat dari mengunyah makanan secara perlahan? Selain memilih jenis makanan sehat yang baik untuk tubuh, cara memakannya juga jangan sampai terburu-buru ya ladies untuk mendapatkan manfaat optimal dari setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading