KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Hati-Hati, Terlalu Banyak Minum Green Tea Bisa Bikin Susah Hamil

Sabtu, 18 November 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Green tea untuk kesehatan/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Green tea sepertinya sudah bukan jenis minuman yang susah didapat. Kamu bisa membeli teh hijau di toko-toko terdekat dan menikmati teh asal jepang ini. Tak diragukan lagi kalau green tea termasuk minuman paling sehat yang ada di dunia, bahkan dikatakan bisa mencegah kanker.

Tapi ternyata green tea juga menyimpan sisi negatif jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya. Sebuah penelitian pada Januari 2016 lalu yang diterbitkan dalam Journal of Functional Food mengungkapkan bahwa terlalu banyak minum minuman herbal bisa memberi pengaruh negatif pada tubuh, salah satunya adalah menurunkan kesuburan.

Para peneliti menguji coba pada lalat buah dengan menyuntikkan semacam antioksidan polifenol GTP yang ditemukan pada green tea. Ditemukan bahwa lalat buah yang punya kandungan tinggi zat ini ternyata mengalami kemunduran sistem reproduksi. Bahkan kalau pun mereka berhasil menghasilkan, anak lalat buah tersebut mengalami abnormal pada area genital.

Yang menjadi pertanyaan, apakah relevan menyamakan efek yang diterima lalat buah dengan manusia? Peneliti menjelaskan bahwa lalat buah sering dijadikan percobaan lab dan oleh karena itulah cukup relevan. Tapi tentu saja ini tidak begitu meyakinkan.

Dan jika kamu merasa insecure karena minum green tea benar-benar bisa membuatmu susah hamil, lebih baik konsultasikan dulu pada dokter jika ingin program hamil ya, apakah minum terlalu banyak green tea bisa mempengaruhi kesehatanmu, ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA