Sukses

Beauty

Bau Mulut Bangun Tidur di Pagi Hari? Ternyata Ini Alasannya!

Semua orang pasti tahu bahwa setiap kali bangun tidur, salah satu hal yang disadari adalah munculnya bau mulut. Padahal sudah sikat gigi malam sebelum tidur, tapi mengapa paginya masih bau mulut? Ini penjelasan ilmiahnya, ladies.

Prostodontis Mazen Natour, D.M.D., dalam Women's Health mengatakan bahwa bau mulut di pagi hari disebabkan kurangnya air liur selama tidur. Air liur secara normal akan membersihkan rongga mulut dari bau yang dihasilkan bakteri.

Sedangkan saat tidur, mulut akan mengurangi produksi air liur sehingga rongga mulut lebih kering dan bau yang dihasilkan bakteri semakin menyengat. Itulah mengapa, semakin kering rongga mulut, maka semakin bau mulutmu. Hal ini juga yang menjelaskan mengapa kita sering bau mulut saat puasa.

Penyebab bau mulut saat bangun tidur/copyright Shutterstock.com

Umumnya, bau mulut saat bangun tidur di pagi hari adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Tapi bau mulut juga bisa jadi indikasi masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai seperti misalnya infeksi gusi yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Infeksi juga bisa mengindikasikan penyakit gastronintestinal.

Tapi selama bau mulut masih wajar dan tidak terlalu busuk, dan hilang setelah kamu minum air putih cukup dan sikat gigi, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan, ladies.

Jadi, itu dia alasan mengapa kita selalu mengalami bau mulut di pagi hari. Dan jika kamu nonton film yang menampilkan ciuman bibir mesra saat bangun tidur, kemungkinan besar hal itu hanya bohongan, karena bau mulut di pagi hari bisa saja melenyapkan keinginan untuk berciuman.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading