KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Waspada! Berikut Fakta Tentang Diabetes yang Harus Kamu Ketahui

Selasa, 14 November 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Diabetes/copyright pexels.com

Vemale.com - Hari ini, 14 November diperingati sebagai world diabetes day, diharapkan dengan peringatan ini kita lebih sadar dan waspada terhadap diabetes. Dari tahun ke tahun, penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Diperkirakan ada 10 juta penderita diabetes di tahun 2016 dan semakin bertambah banyak.

Penyakit diabetes memang menjadi momok yang menghantui, karena bisa berkembang menjadi penyakit lain yang mematikan, misalnya gagal ginjal. Parahnya, 2 dari 3 penderita diabetes tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini hingga akhirnya menjadi parah.

Fakta tentang diabetes/copyright pexels.com

Tahun ini, di hari peringatan world diabetes day, diharapkan semua wanita dengan diabetes memiliki akses yang terjangkau untuk perawatan dan pendidikan mengenai diabetes yang diderita. Well, berikut ini adalah fakta tentang diabetes yang perlu kamu ketahui.

  1. Saat ini terdapat 199 juta wanita yang menderita diabetes, dan diperkirakan pada tahun 2040 angkanya meningkat menjadi 313 juta.
  2. Diabetes adalah penyebab mematikan bagi wanita, faktanya sebanyak 2,1 juta wanita meninggal per tahun dikarenakan diabetes.
  3. Wanita dengan diabetes tipe 2, memiliki risiko 10 kali lipat berisiko terkena penyakit jantung.
  4. Wanita yang memiliki penyakit diabetes tipe 1 lebih berisiko keguguran. Maka diharapkan, wanita yang sedang hamil lebih menjaga pola makan agar terhindar dari diabetes.
  5. 2 dari 5 wanita penderita diabetes adalah wanita dengan usia produktif. Jadi tidak benar mitos yang mengatakan jika diabetes hanya menyerang seseorang yang sudah tua.

Dengan risiko yang tinggi ini, maka diharapkan wanita lebih mendapatkan kemudahan dalam akses mengenai informasi tentang diabetes. Selain itu, jaga berat badan, mengatur pola makan dan perbanyak aktivitas fisik perlu kamu lakukan untuk menghindari risiko diabetes.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu semakin waspada. Keep fit and health, ladies!

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA