KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Bukan Hanya Cegah Kehamilan, IUD Juga Bisa Cegah Kanker Serviks!

Jum'at, 10 November 2017 17:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Pakai IUD sebagai alat KB/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Bagi wanita yang sudah menikah dan menjalankan program keluarga berencana (KB), ada banyak alat KB yang bisa dipilih. Salah satunya adalah IUD. Kemungkinan besar kamu pasti sudah pernah mendengarnya, dan jika ini menjadi pilihan alat kontrasepsimu, ada kabar baik berkaitan dengan pemakaian IUD.

Alat kontrasepsi yang dipasang dengan dimasukkan ke dalam rahim ini menurut penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Obstetrics & Gynecology, ternyata memakai alat kontrasepsi IUD bisa menurunkan risiko serangan kanker serviks.

Peneliti menganalisis data pemakaian IUD dan kasus kanker serviks dari 16 studi observasional melibatkan lebih dari 12.000 wanita dari penjuru dunia. Peneliti menemukan bahwa wanita yang menggunakan IUD punya risiko kanker servik lebih kecil hingga sepertiganya dibanding wanita yang tidak memakai IUD.

Pakai IUD diketahui bisa mencegah kanker serviks/copyright Shutterstock.com

Kanker serviks sendiri muncul disebabkan oleh virus bernama human papilloma virus. Masih belum diketahui secara pasti apa sebab IUD bisa menurunkan risiko kanker, tapi ketua peneliti, Victoria Cortessis, Ph.D., mengungkapkan teori bahwa IUD, entah bagaimana bisa merangsang respon kekebalan tubuh yang dapat membantu membersihkan infeksi HPV di dalam tubuh sehingga tidak berkembang menjadi kanker.

Peneliti mengatakan, masih terlalu dini jika para dokter kemudian lebih menyarankan para wanita memakai IUD ketimbang alat KB lainnya karena IUD bisa mencegah kanker serviks, tapi tak ada salahnya memilih IUD sebagai alat kontrasepsimu jika kamu memang cocok dengan alat KB ini ya ladies. Jika bisa mencegah kehamilan sekaligus mencegah kanker, siapa yang tak mau, benar kan?

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA