Sukses

Beauty

4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Olahraga di Malam Hari

Olahraga di malam hari bisa jadi alternatif bagi kamu yang sepanjang hari sibuk dengan berbagai kegiatan atau pekerjaan. Olahraga rutin memang jadi salah satu kunci untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi kalau waktu yang kamu pilih untuk olahraga itu di malam hari, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Cuma kadang setelah olahraga di malam hari, tidur jadi kurang nyenyak. Bahkan bisa bolak-balik terbangun di tengah malam. Nah, agar hal itu tak terjadi, coba lakukan 5 hal ini setelah olahraga di malam hari.

Luangkan Waktu 10 Menit untuk Merilekskan Otot Tubuh
Kalau sebelum olahraga butuh pemanasan, maka setelah olahraga perlu pendinginan. Coba luangkan waktu 10 menit untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana untuk mengendurkan otot-otot yang kaku. Sehingga detak jantung pun bisa kembali normal.

Mandi dengan Air Dingin
Setelah olahraga, suhu tubuh bisa meningkat. Di sini, kita perlu kembali menstabilkan suhu tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Salah satu caranya, seperti yang dilansir oleh elitedaily.com, adalah dengan mandi menggunakan air dingin. Jadi setelah olahraga dan melakukan pendinginan dan keringat sudah kering, cobalah untuk mandi sebentar.

Meditasi Sebentar untuk Menurunkan Kadar Kortisol
Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, dalam sebuah penelitian tahun 2013 meditasi beberapa menit bisa bantu menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Sehingga nantinya bisa tidur lebih nyenyak. Meditasi sederhana yang bisa dilakukan adalah cukup duduk bersila sambil memejamkan mata, lalu atur pernapasan untuk membuat tubuh rileks.

Gunakan Minyak Esensial (Essential Oil)
Minyak esensial beraroma lavender merupakan salah satu jenis minyak yang bisa bantu merilekskan tubuh. Jadi untuk tidur lebih nyenyak setelah olahraga di malam hari, coba hirup aroma lavender atau ciptakan aroma yang menenangkan pikiran di dalam kamar tidur.

Oh iya, satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya olahraga di malam hari dilakukan 3 jam sebelum waktu tidur. Jadi jangan terlalu mepet dengan jadwal tidur malammu, ya.

Semoga infonya bermanfaat, ladies!




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading