Sukses

Beauty

5 Gejala Tubuh Kekurangan Serat yang Tak Boleh Diabaikan

Seberapa benting serat untuk tubuh? Jawabannya penting sekali. Kita membutuhkan serat untuk menjaga tubuh tetap sehat, menjaga metabolisme lancar, dan mengatur sistem dan fungsi tubuh tetap lancar.

Jangan sampai tubuh kekurangan serat, ya ladies. Tubuh yang kurang serat itu biasanya bisa dilihat dari tanda-tanda yang dirasakan atau sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh. Seperti lima gejala berikut yang tak boleh sampai diabaikan.

Gampang Lapar Meski Baru Selesai Makan
Dilansir dari thehealthsite.com, kita bisa kenyang lebih lama dengan makan makanan yang kaya serat dibandingkan makanan yang kaya karbohidrat. Hal ini karena kandungan serat bisa membentuk materi yang mirip gel di saluran pencernaan yang membuat penyerapan nutrisi di aliran darah lebih lambat. Jadi efek kenyangnya lebih lama. Kalau kamu sering gampang merasa lapar meski baru selesai makan, ada kemungkinan tubuhmu sebenarnya kurang serat.

Kekurangan Energi
Kalau habis makan makanan kaya karbohidrat, energi bisa meningkat dalam sekejap tapi kemudian jadi gampang capek kemudian. Tubuh pun akan memproduksi lebih banyak insulin yang menyebabkan perubahan energi yang tiba-tiba. Sementara kalau mengonsumsi makanan yang kaya serat, gula darah akan meningkat perlahan sehingga kadar energi yang dimiliki tubuh akan tercukupi dengan baik.

Penuhi kebutuhan serat setiap hari./Copyright shutterstock.com

Susah Buang Air Besar
Yup, kalau kamu susah buang air besar atau sembelit, kemungkinan besar tubuhmu kekurangan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar pencernaan berjalan lancar.

Susah Menurunkan Berat Badan
Nah, ini nih yang mungkin jadi penyebab kamu susah diet atau susah menurunkan berat badan. Kalau kamu susah mengurangi berat badan, ada kemungkinan tubuh kekurangan serat.

Memiliki Masalah Jantung
Serat bisa bekerja maksimal dengan nutrisi lain seperti zat besi, zinc, dan vitamin B untuk menurunkan kadar kolesterol. Kalau kamu memiliki masalah atau gangguan dengan jantung, coba ubah pola makan dengan mencukupi kebutuhan serat dengan lebih baik.

Itu tadi 5 gejala umum yang akan kamu rasakan kalau tubuhmu kekurangan serat. Tapi kalau kondisi tubuhmu terasa makin memburuk, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading