Sukses

Beauty

Benarkah Satu Kematian akan Menyebabkan Kematian yang Lain?

Masih hangat kasus penemuan mayat yang dimutilasi di Tokyo. Korban diduga dibunuh kemudian dimutilasi. Potongan tubuhnya disimpan dalam cool box di dalam apartemen pelaku. Dan yang menyedihkan salah satu korban sebelum menghilang, sempat menulis cuitan di twitter jika ia sedang mencari teman untuk bunuh diri. Diduga pelaku dan korban bertemu di forum khusus untuk orang yang ingin bunuh diri.

Mencari teman untuk bunuh diri? Seakan kematian dapat menyelesaikan masalah dan jika dilakukan bersama dapat membuat segalanya lebih mudah.

Benarkah bunuh diri dapat menular?

Masih ingat dengan kasus Chester Bennington? Yang memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Tidak banyak yang mengetahui jika ternyata Chester mengalami depresi. Pemberitaan tentang Chester Bennington dan kematiannya yang tragis ternyata memiliki pengaruh besar pada keinginan orang lain untuk bunuh diri.

Depresi memang tidak menular, namun pemberitaan tentang bunuh diri yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh besar pada masyarakat akan mempengaruhi kejiwaan seseorang. Untuk itulah seseorang yang sedang mengalami deperesi tidak disarankan untuk membaca atau melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan bunuh diri. Hal ini akan memicu rasa penasaran dan mengakibatkan bunuh diri.

Film, lagu, dan berita tentang bunuh diri akan memberikan ide pada orang yang sedang mengalami depresi. Jika didengarkan terus menerus justru akan membuat seseorang memutuskan untuk melakukannya. Maka tidak heran jika, orang yang sedang bersedih tidak disarankan untuk terlalu larut dalam kesedihan.

Bahkan film "13 Reasons Why" yang banyak disukai oleh anak muda dipercaya memicu ide untuk melakukan bunuh diri. "13 Reasons Why" sendiri menceritakan tentang seorang gadis remaja bernama Hannah yang bunuh diri dan meninggalkan rekaman-rekaman tentang 13 alasan mengapa ia memutuskan mengakhiri hidupnya.

Bahkan semenjak serial "13 Reasons Why" populer, kata kunci pencarian di Google tentang "bagaimana cara bunuh diri" pun meningkat, bahkan hingga 26 persen, hal ini seperti yang dilansir dari highsnobiety.com.

Baca Juga: Benarkah Film ''13 Reasons Why'' Picu Remaja Cari Tahu Cara Bunuh Diri?

Tidak hanya film, lagu Gloomy Sunday pun dipercaya memberikan ide bunuh diri jika didengarkan berulang oleh seseorang yang sedang mengalami depresi. Lagu ini diproduksi oleh komposer dan pianis asal Hungaria Rezso Seress di tahun 1933. Lirik lagunya berasal dari puisi karya Laszlo Javor tentang pria yang ingin bunuh diri untuk menemui kekasihnya yang sudah tiada.

Well, berada di lingkungan yang positif akan menyelamatkannya dari depresi bahkan kematian. Menjauh sejenak dari hal yang dapat memberikan 'ide' tentang bunuh diri akan membuat penderita terhindar darinya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading