Sukses

Health

Selain Kram, 4 Penyakit Ini Sering Dialami saat Menstruasi

Mungkin sebagian besar perempuan tahu bahwa efek samping paling umum saat menstruasi dan paling sering dialami adalah kram. Kram ini terjadi di area perut dan punggung bagian bawah. Tapi ternyata bukan hanya itu saja lho masalah kesehatan yang bisa kamu alami selama menstruasi.

Karena pengaruh hormon, ternyata kamu kemungkinan besar bisa mengalami empat masalah kesehatan ini saat menstruasi lho.

 

1. Migrain

Pusing hingga migrain memang sering terjadi saat menstruasi, 20% perempuan mengalami sakit kepala bahkan tepat sebelum menstruasi. Hal ini bisa dipicu rendahnya tekanan darah dan anemia.

 

2. Perut kembung dan Diare

Seringkali sistem pencernaan jadi aneh selama menstruasi, kamu bukan hanya mengalami kembung, tapi juga sering ke kamar mandi karena diare. Ini adalah efek samping hormon prostaglandin yang dihasilkan selama haid yang memicu kram dan diare.

 

3. Gusi bengkak dan berdarah

Tepat sebelum menstruasi, tubuh akan mengalami kenaikan progesteron, dan hormon ini berisiko membuat area rongga mulut kebas, gusi bengkak dan berdarah karena tingkat sensitivitas meningkat selama menstruasi.

 

4. Nyeri sendi

Pernahkah kamu merasa sangat malas bergerak selama menstruasi karena tubuhmu terasa sakit dan sendi nyeri semua? Yup, tubuh bisa mengalami nyeri sendi seakan kamu telah melakukan pekerjaan kuli, semua ini disebabkan turunnya hormon estrogen yang bertugas menjaga sendi dari nyeri.

Jadi, jangan heran jika kamu mengalami sekian hal di atas, karena semua penyakit itu normal dan wajar adanya saat kamu menstruasi. Semua itu hanya efek sementara dan akan hilang setelah menstruasimu selesai.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading