Sukses

Beauty

Waspada, Ini Bahaya Jika Kamu Menahan Buang Air Besar (BAB)

Pernah menahan buang air besar karena suatu hal? Hampir sama dengan menahan buang air kecil (kencing), menahan buang air besar juga memiliki dampak buruk buat kesehatan. Tak hanya bikin tidak nyaman, ada beberapa dampak yang bisa dirasakan tubuh ketika kamu menahan BAB.

Dilansir dari laman boldsky.com, buang air besar yang baik dilakukan secara teratur dan rutin setiap hari yakni saat pagi hari. Tapi, ini tidak menutup kemungkinan seseorang akan buang air besar dua hingga tiga hari sekali. Setiap orang memiliki jam biologis sendiri-sendiri kapan ia akan merasa buang air besar.

Sedangkan orang-orang yang sengaja menahan buang air besar, ini sangat tidak disarankan. Menahan BAB bisa meningkatkan risiko kram perut, infeksi pada usus besar atau sistem pencernaan, nyeri punggung, sesak dada juga nyeri perut. Menahan BAB juga meningkatkan risiko sembelit atau susah buang besar.

Kotoran di usus yang tidak segera dikeluarkan bisa menumpuk dan mengeras. Ini juga bisa berubah menjadi sumber bakteri dan penyakit yang berbahaya bagi sistem pencernaan. Asisten profesor di Tuoro College of Osteopathic Medicine, New York, Niket Sonpal MD mengungkapkan bahwa menahan BAB sedikitnya selama 12 jam bisa meningkatkan risiko sembelit. Ini juga bisa meningkatkan risiko perut buncit.

Mengingat ada banyak bahaya yang mengancam karena menahan BAB, para ahli menyarankan agar kita tak punya kebiasaan suka menahan BAB. Agar BAB lancar, penting juga konsumsi makanan serta minuman sehat yang kaya serat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading