KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Begini Cara Memasak Wortel Yang Benar Agar Kandungannya Tak Hilang

Jum'at, 20 Oktober 2017 13:30 Penulis: Ivana Okta Riyani
Wortel kaya akan gizi baik untuk tubuh/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, memasak sayur dengan cara yang salah hanya akan membuang banyak nutrisi di dalamnya. Salah satu sayur  yang kaya akan gizi adalah wortel. Wortel bahkan punya kandungan zat antikanker di dalamnya. Agar manfaatnya maksimal, begini cara memasaknya yang benar.

Dalam sebuah penelitian ditemukan cara memasak wortel agar kandungannya tetap terkunci sempurna. Penelitian yang dilakukan di Universitas Newcastle, Inggris, menunjukkan bahwa wortel yang direbus terlebih dahulu sebelum dipotong mengandung 25 persen komponen antikanker – falcarinol – lebih banyak dibandingkan dengan wortel yang dipotong lalu direbus. Kandungan antikanker di dalam wortel akan lebih bermanfaat bila tidak dipotong sebelum dimasak.

Saat dimasak panas yang tinggi akan merusak sel wortel. Panas juga akan melunakkan dinding sel wortel sehingga kandungan akan keluar melalui permukaan wortel. Karena itu, jika wortel dipotong sebelum dimasak kandungannya akan hilang saat dipanaskan.

Soal rasa, ternyata wortel yang dimasak saat masih utuh lebih enak. Ini karena kandungan gula alami yang lebih banyak dalam wortel yang direbus tanpa dipotong terlebih dahulu.

Nah Ladies, kini kamu bisa mencoba sendiri tips memasak ini untuk mendapatkan gizi yang maksimal.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA