KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Olahraga Sebentar Saja, 4 Hal Menakjubkan Ini Terjadi Pada Otakmu

Selasa, 10 Oktober 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Manfaat olahraga/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Menjaga berat badan dan kebugaran tubuh, maka tidak heran jika kamu diwajibkan olahraga. Banyak orang masih malas melakukannya, mungkin itu karena mereka tak tahu apa saja yang bisa mereka dapat setelah melakukan olahraga, sekali saja.

Karena manfaat sehat dan reaksi otak inilah yang akan kamu rasakan setelah olahraga ladies.

1. Bikin bahagia
Secara alami, olahraga atau melakukan aktivitas fisik akan membantu melepaskan stres dan merangsang pelepasan hormon endorfin yang membuatmu bahagia sepanjang hari. Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association mengungkapkan, biasanya selama 5 menit pertama melakukan olahraga adalah saat di mana mood baik akan meningkat.

2. Lebih waspada
Jika kamu gampang mengantuk, gerakkan tubuh agar lebih fokus dan konsentrasi. Peneliti Judy Cameron, Ph.D., profesor psikiatri University of Pittsburgh School of Medicine, mengungkapkan bahwa olahraga bisa meningkatkan peredaran darah lebih baik ke otak sehingga kerja otak lebih optimal dan lebih sadar.

3. Tingkatkan ingatan
Bagian hippocampus otak akan yang menangani bidang belajar dan memproses informasi akan bekerja lebih baik jika kamu olahraga karena tubuh akan memompa oksigen lebih banyak ke otak sehingga kerja otak lebih baik dalam menyimpan memori. Penelitian yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior telah melakukan uji coba dan membuktikan bahwa orang yang olahraga 30 menit sebelum tes, menunjukkan ingatan lebih baik dibanding yang tak olahraga.

4. Lebih kreatif
Uniknya, ketika pikiran buntu dan kamu menemukan ide apa pun, olahraga bisa jadi solusi yang tepat. Karena penelitian yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga (bahkan untuk jangka pendek atau dilakukan sebentar) bisa meningkatkan kreativitas.

Tidak perlu berjam-jam dan tidak perlu jadi atlet untuk mendapatkan manfaat olahraga, cukup 30-1 jam saja maksimal, sebenarnya sudah bisa memberi manfaat kesehatan luar biasa pada tubuh dibanding tidak olahraga sama sekali ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA