KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Teknik Puasa, Bisakah?

Selasa, 10 Oktober 2017 11:00 Penulis: Rohmitriasih
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Bagi umat muslim, saat ini memang bukan waktunya untuk menjalankan ibadah wajib puasa. Namun, kita sebenarnya boleh tetap berpuasa lho. Ada beragam puasa sunah yang bisa dijalani dan mendatangkan pahala serta menjadi teknik terbaru menerapkan pola diet sehat.

Jika dulu para ahli sangat menyarankan agar setiap orang makan tepat waktu demi menjaga berat badannya agar senantiasa stabil. Kali ini justru ada tren diet dengan menjalankan puasa. Dikutip dari laman boldsky.com, penelitian terbaru menemukan diet bukanlah perkara makanan apa yang harus dimakan dan apa yang tak boleh dimakan. Tapi, diet itu tergantung dengan kapan waktu makan.

Umumnya, aktivitas diet merujuk pada pembatasan makanan yang hendak dimakan. Tapi, diet puasa adalah diet yang dilakukan dengan makan di waktu tepat. Diet puasa merujuk pada pola makan dan kapan sebaiknya kamu diperbolehkan makan.

Untuk melakukan diet ini, kamu harus kuat menahan rasa lapar selama beberapa waktu. Kamu juga hanya diperbolehkan makan sebanyak 2 kali dalam sehari. Kamu tetap diperbolehkan minum air putih tapi tidak disarankan minum minuman mengandung gula atau camilan berlebih.

Awal-awal mencoba diet ini mungkin akan terasa sangat berat, menjadikanmu mudah emosi, kurang fokus dan pencernaan terasa perih. Tapi jangan khawatir, setelah melakukan diet dengan teknik puasa dalam beberapa kali, kamu akan terbiasa dan merasa lebih bugar. Kristin Hoddy, PhD, R.D.N, seorang ahli diet mengatakan, "Rasa lapar tidak akan parah seiring berjalannya waktu. Beberapa studi menunjukkan rasa puas dan kenyang nantinya."

Studi menyebutkan bahwa dengan diet teknik puasa akan membantu kamu menyimpan lebih banyak otot dan melunturkan lebih banyak lemak. Puasa bisa mengurangi kalori di tubuh dengan cara yang cukup berbeda tapi hasilnya akan memuaskan.

Mengenai makanan yang dimakan, ini tak perlu terlalu ditakutkan. Kamu bisa makan apa saja saat berbuka puasa. Nafsu makan hanya akan naik 10-15% saat berpuasa. Melalui puasa, secara tidak langsung kamu pun bisa memiliki pola hidup dan makan yang lebih sehat. Jadi, tertarik untuk melakukan diet teknik puasa?


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA