KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Petang Hari adalah Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini 5 Alasannya

Kamis, 05 Oktober 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Petang hari waktu yang tepat untuk makan malam./Copyright pixabay.com

Vemale.com - Ladies, jam berapa biasanya kamu menikmati makan malam? Di Indonesia, umumnya jadwal makan malam itu sekitar jam 7-8 malam. Tapi tahukah kalau petang hari justru waktu yang lebih baik untuk makan malam?

Berdasarkan Ayurveda (ilmu kesehatan yang berasal dari negara India), seperti yang dikutip oleh thehealthsite.com, tubuh kita memiliki kaitan yang cukup erat dengan siklus alam dan sinar matahari. Dan menikmati makan malam pada petang hari diyakini bisa menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Berikut lima alasan yang lebih jelas soal kenapa petang hari adalah waktu yang terbaik untuk makan malam.

Mencegah Obesitas
Makan malam idealnya menjadi makan terakhir kita dalam satu hari. Ketika hari menjelang malam, proses metabolisme tubuh akan menurun. Kalau makan malam terlalu larut, makanan tak sempat diubah jadi energi dan malah menyebabkan penumpukan lemak. Akibat terburuknya bisa menyebabkan obesitas. Sedangkan kalau jadwal makan malam digeser jadi petang hari, tubuh akan memiliki waktu yang cukup untuk memprosesnya dengan baik.

Mencegah Gangguan Pencernaan
Makan malam terlalu larut, kita akan rentan mengalami masalah pencernaan seperti maag dan kembung. Hal ini karena jarak antara makan malam dan tidur malam terlalu mepet. Di saat kamu seharusnya tidur, sistem pencernaan dipaksa bekerja. Kondisi ini jelas kurang baik. Sedangkan kalau makan malam di petang hari, makanan bakal bisa dicerna lebih dahulu dengan baik sebelum nanti tubuh kita fokus untuk istirahat di malam hari.

Atur pola makan untuk menjaga kesehatan tubuh./Copyright pixabay.com

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Pencernaan yang buruk karena makan malam terlalu larut bisa menyebabkan efek negatif pada siklus tidurmu. Belum lagi ketika berulang kali terbangun di malam hari karena perut yang sakit atau kebelet pipis, kualitas tidur pastinya terganggu. Kalau kamu sudah makan malam pada petang hari, tidur malam bisa lebih nyenyak nantinya.

Memulihkan Energi Tubuh
Menggeser jadwal makan malam pada petang hari memberi otak dan organ-organ dalam tubuh punya waktu yang cukup untuk memulihkan energi.  Pada malam hari, tubuh akan lebih fokus untuk memperbaiki sel-sel tubuh karena sudah tak "disibukkan" dengan sistem pencernaan atau pemecahan makanan.

Tubuh Jadi Lebih Segar Keesokan Harinya
Jam biologis tubuh pada dasarnya diprogram untuk mengikuti pola matahari terbit dan matahari terbenam. Saat kita mengizinkan sistem tubuh untuk bekerja sesuai dengan programnya tersebut, maka tubuh nggak akan gampang capek. Keesokan harinya pun jadi lebih segar dan berenergi.

Jadi gimana, ladies? Tertarik untuk menggeser jadwal makan malammu jadi petang hari? Yang jelas sesuaikan dengan juga kesibukan dan kebutuhanmu, ya.

Semoga infonya bermanfaat.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA