Sukses

Beauty

Menstruasi Sering Datang Tidak Lancar? Begini Tips Melancarkannya

Bagi wanita, menstruasi adalah moment yang rutin dialami setidaknya satu kali dalam satu bulan. Menstruasi sendiri merupakan keadaan di mana tubuh wanita mengalami perkembangan. Darah kotor di rahim akan dibuang selama menstruasi terjadi. Umumnya, lama menstruasi adalah 2 hingga 7 hari.

Menurut para ahli, siklus menstruasi yang normal adalah 28-35 hari. Tapi, nampaknya menstruasi yang normal tidak serta merta dirasakan setiap wanita. Ada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar dan membuatnya menstruasi dalam waktu 2 atau 3 bulan sekali. Dikutip dari laman stylecraze.com, menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar
Ada banyak hal yang membuat menstruasi tidak lancar. Hal tersebut mulai dari pikiran yang stres, depresi, pola makan tidak sehat, pola hidup tidak sehat, kurangnya waktu istirahat, penurunan atau naiknya berat badan secara drastis, adanya risiko penyakit terkait rahim dan organ intim hingga adanya gangguan pada kelenjar tiroid di tubuh.

Hormon yang tidak seimbang juga dipercaya sebagai penyebab kenapa menstruasi tidak lancar. Karena hormon setiap wanita tidak sama, masa menstruasi wanita satu dengan lainnya pun tidak sama. Tidak lancarnya menstruasi juga terjadi karena kehamilan. Namun, kehamilan ini adalah suatu hal yang sangat tidak perlu dikhawatirkan.

Apa Dampak Dari Menstruasi yang Tidak Lancar?
Salah satu hal penyebab dari menstruasi tidak lancar adalah adanya risiko penyakit dalam tubuh. Ini juga yang menjadi dampak dari tidak lancarnya menstruasi tersebut. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa menstruasi yang tidak lancar bisa saja terjadi karena adanya risiko tumor atau kista di rahim. Jika tumor atau kista ini tidak segera diobati, dikhawatirkan ini bisa mengganggu kesuburan.

Menstruasi yang tidak lancar juga akan menimbulkan risiko timbulnya jerawat di wajah atau punggung. Pola hidup dan makan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras dan penggunaan obat terlarang juga sering menjadi penyebab tidak lancarnya menstruasi. Jika ini terus menerus terjadi, ini dipercaya bisa meningkatkan risiko kanker rahim, kanker serviks dan penyakit mematikan lainnya.

Bagaimana Tips Melancarkan Menstruasi?
Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lancar, penting bagi kamu menerapkan pola hidup sehat. Penting juga agar kamu memiliki istirahat cukup, menghindari rokok, alkohol serta berbagai makanan serta minuman yang menghambat datangnya menstruasi.

Beberapa makanan dipercaya bisa bantu kamu dapatkan menstruasi lancar selama kamu mau mengonsumsinya secara teratur. Makanan tersebut antara lain adalah wortel, daun pepaya, kunyit, air kelapa hijau, jahe, air putih cukup dan berbagai sayuran hijau.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ladies semua bisa mendapatkan siklus menstruasi yang lancar.





(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading