KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menurut Study, Kentang Ungu Bisa Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Rabu, 27 September 2017 11:00 Penulis: Rohmitriasih
Kentang ungu/copyright iStockphotos.com/margouillatphotos

Vemale.com - Ilmuwan mengungkapkan bahwa kentang ungu memiliki nutrisi dan antioksidan hingga 10 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan kentang biasa. Kentang ungu juga dipercaya memiliki berbagai vitamin yang berkhasiat mengagumkan buat tubuh.

Dikutip dari laman asiantown.net, penelitian terbaru menyebutkan bahwa nutrisi pada kentang ungu sangat baik untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker usus besar. Tak hanya itu saja, zat antioksidan yang terkandung di dalam kentang ungu juga baik dalam mengurangi risiko obesitas serta kanker pencernaan.

Konsumsi dua porsi kentang ungu setiap harinya selama satu bulan bahkan dipercaya bisa menurunkan tekanan darah pada penderita obesitas. Tanaman berwarna khususnya kentang ungu, dipercaya mengandung senyawa bioaktif, seperti anthocuanin dan asam fenolik yang bermanfaat mencegah kanker serta membunuh sel kanker dalam tubuh.

Jairam K P Vanamala, profesor di Pennsylvania State University mengatakan, "Seperti yang kita pelajari, makanan bagaikan senjata. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit, ini sebagai obat dan ini bisa mencegah risiko kanker seperti kanker usus besar. Kentang ungu bisa mencegah risiko kanker usus besar."

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry mengungkapkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung macronutrien atau zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar seperti protein, serta konsumsi makanan mengandung micronutrien dan filonutrein seperti vitamin, karotenoid dan falvonoid sangat mungkin efektif mencegah risiko kanker.

Profesor Vanamala menambahkan, "Kanker usus adalah pembunuh utama di banyak negara Barat. Penyebabnya adalah konsumsi daging berlebih dan kurangnya asupan sayur serta buah. Kentang putih memang bermanfaat, tapi kentang ungu tinggi antioksidan sehingga lebih bermanfaat."

Meski begitu, tak hanya kentang ungu saja yang bermanfaat mengagumkan buat kesehatan. Sayur dan buah berwarna lain juga dikatakan memiliki manfaat yang tak kalah mengagumkan dari kentang ungu.

Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk ladies, kurangi konsumsi daging dan perbanyak konsumsi sayur serta buah agar tubuh senantiasa sehat juga jauh dari berbagai penyakit.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA