Sukses

Beauty

Awas, Ngemil Sambil Nonton TV Bisa Membuatmu Mati Lebih Cepat Lho!

Sepulang dari kantor, mungkin kamu merasa sangat lelah dan tak minat lagi untuk beraktivitas berat. Pada akhirnya, kegiatan yang kamu lakukan adalah nonton TV sambil ngemil ringan. Kegiatan ini memang menjadi salah satu cara bersantai yang menyenangkan, tapi sayangnya tak baik untuk kesehatan.

Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports and Exercise tahun 1999 yang menganalisis kebiasaan 8.900 orang. Penelitian yang melibatkan lebih dari 8.900 partisipan di Australia menemukan bahwa setiap bertambahnya satu jam yang kamu habiskan duduk menonton TV, bisa meningkatkan risiko inflamasi 12% berhubungan dengan kematian.

Duduk menonton TV berjam-jam sambil ngemil makanan ringan, entah keripik maupun cokelat bisa meningkatkan risiko kematian. Setelah 12 tahun dan terus mengamati kebiasaan setiap orang, sebanyak 909 meninggal dunia dan 130 di antaranya mengalami penyakit berhubungan dengan inflamasi.

Duduk nonton TV berjam-jam menyebabkan kematian/copyright Pexels.com

Penyakit yang disebabkan adanya inflamasi tubuh seperti Alzheimer, asma, diabetes dan penyakit ginjal. Mereka yang kebiasaan nonton TV 2-4 jam per hari punya risiko 54% lebih tinggi mengalami kematian karena penyakit berhubungan dengan inflamasi.

Bukan hanya itu, penulis penelitian Dr Megan Grace juga mengatakan bahwa "Mereka yang menghabiskan banyak waktu duduk nonton TV lebih cepat tua, punya penghasilan rendah, cenderung tak bisa menyelesaikan pendidikan dengan cepat, punya kebiasaan merokok, berpotesi besar mengalami diabetes dan hipertensi, serta selalu punya masalah kesehatan secara umum.

Parahnya lagi, peneliti menemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu lebih dari empat jam per hari nonton TV ternyata 80% lebih besar mengalami kematian karena penyakit kardiovaskuler.

Jadi, jika masih ingin panjang umur dan tak ingin cepat mati, kurangi kebiasaan nonton TV lama-lama mulai dari sekarang ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading