KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Fakta Tentang MSG, Tidak Mengganggu Kesehatan Asalkan...

Kamis, 14 September 2017 16:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Vetsin/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Ladies, suka mengonsumsi makanan yang mengandung MSG? Tidak dipungkiri, makanan yang ditaburi MSG membuat makanan menjadi lebih diminati. Maka tidak mengherankan, jika rasa gurih ini banyak diminati. Well, tapi tahukah kamu fakta tentang MSG ini?

Berikut adalah fakta tentang MSG yang wajib kamu ketahui, sst tentu saja fakta ini akan membuat kamu bebas rasa khawatir saat mengonsumsi MSG. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. MSG/Vetsin/Mecin/Pecin adalah bahan tambahan pangan penyedap rasa yang terbuat dari bahan alami (tetes tebu) melalui proses fermentasi.
  2. Kandungan zat dalam MSG ada 3 yaitu; Asam Glutamat 78%, Natrium (garam) 12% dan air 10%. Sebagai zat utama Asam Glutamat yang merupakan asam amino yang berbeda. Dan yang perlu kamu ketahui Asam Glutamat ini berbeda dengan yang terkandung dalam makanan sehari-hari, sepert tomat, susu, dan keju.
  3. MSG mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik oleh tubuh.
  4. MSG sudah diakui keamanannya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan seperti JEFCA ( The Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives) yang terdiri dari FAO dan WHO, FDA dan BPOM RI.
  5. MSG adalah salah satu bahan tambahan pangan yang aman dan diizinkan untuk dikonsumsi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 33 tahun 2012 dengan takaran penggunaan secukupnya.

Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika MSG aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan masalah kesehatan selama penggunaannya sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat ya ladies.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Fakta MSG
  2. Tips Dapur