KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Jadi Sering Kentut Saat Menstruasi? Ternyata Ini Alasan Utamanya

Rabu, 13 September 2017 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Sering kentut saat haid/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Pernah menyadari nggak kalau perut kamu jadi sering kembung dan sering kentut saat menstruasi? Ternyata hal ini sangat wajar terjadi lho. Dan kemungkinan besar, semua wanita pernah mengalaminya.

Jennifer Ashton, M.D., mengatakan dalam Women's Health Mag kalau ada dua faktor utama mengapa kamu jadi sering kentut saat menstruasi, yaitu faktor hormonal dan anatomi.

Ada perubahan dalam sistem pencernaan ketika wanita mengalami menstruasi. Hormon estrogen dan progesteron mengalami ketidakseimbangan selama menstruasi sehingga membuat emosimu tidak stabil, sering tersinggung dan bahkan mempengaruhi sistem pencernaan, khususnya usus. Kamu akan mengalami perut kembung karena menghasilkan banyak gas sehingga sering kentut.

Sistem pencernaan yang punya reseptor terhadap hormon progesteron bisa menyebabkan efek relaksasi atau kejang pada usus, tergantung berapa banyak kadarnya. Seringkali wanita akan mengalami diare atau bahkan konstipasi saat menstruasi karena perubahan konsentrasi progesteron.

Perubahan ini sangat normal terjadi dan kamu akan kembali normal setelah menstruasi. Untuk mengatasi atau mengurangi kebiasaan sering kentut saat menstruasi, perbanyak minum air putih dan makan makanan berserat.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA