KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Haid Sering Nggak Teratur? Waspada Gejala Penyakit Ini

Senin, 11 September 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Haid nggak teratur./Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Siklus haid yang nggak teratur bisa disebabkan oleh berbagai hal. Banyak faktor yang jadi penyebabnya. Seperti karena faktor pola makan dan stres. Tapi tahukah kalau haid yang nggak teratur itu salah satu gejala penyakit polycystic ovary syndrome?

Apa itu polycystic ovary syndrome (PCOS)? PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Tidak banyak wanita yang menyadari hal ini. Dilansir dari womenshealthmag.com, Mary Jane Minkin, M.D., profesor klinis obstetri dan ginekologi di Yale University School of Medicine memaparkan sekitar 5-10% wanita muda mengalami kondisi tersebut.

Seorang wanita yang mengidap PCOS, kadar testosteron dalam tubuhnya bisa lebih tinggi dari wanita normal. Selain itu, kadar glukosa dalam tubuh juga bisa tidak normal. Dokter biasanya akan melakukan tes darah pada wanita yang diduga mengidap kondisi ini.

Gejala PCOS ini tidak hanya soal haid yang nggak teratur saja. Tapi juga tumbuhnya rambut di sejumlah area tubuh yang biasanya dialami pria, infertilitas, berat badan bertambah, dan juga kulit wajah yang gampang jerawatan. Masalah metabolisme seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes juga bisa jadi faktor penyebab PCOS. Selain itu, faktor genetik juga bisa membuat seseorang mengalami PCOS.

Tak semua wanita yang mengidap PCOS memiliki kista di ovariumnya. Pengobatannya pun disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Memang harus segera memeriksakan diri ke dokter bila merasa memiliki gejala-gejala yang mengarah pada PCOS ini.

Intinya memang nggak perlu panik saat siklus haid sering nggak teratur. Kondisi ini bisa jadi gejala dari berbagai macam hal, nggak hanya PCOS. Biar nggak panik, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk masalah ini, ya ladies.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA