KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menurut Para Ahli, Begini Posisi Tidur Terbaik untuk Redakan Nyeri Haid

Sabtu, 09 September 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Posisi tidur terbaik saat haid./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Kalau sudah kena nyeri haid, duh benar-benar tersiksa rasanya. Boro-boro mau beraktivitas seperti biasa, istirahat saja susahnya minta ampun. Bahkan tidur bisa tidak nyenyak karena nyeri yang begitu hebat.

Salah satu cara meredakan nyeri haid itu adalah dengan mengatur posisi tidur. Ada posisi tidur yang cukup disarankan untuk wanita yang sedang nyeri haid. Seperti yang dikutip dari glamour.com, para ahli sepakat bahwa posisi meringkuk seperti janin merupakan posisi tidur terbaik untuk meredakan nyeri haid. Ginekolog Lisa Lindley menjelaskan bahwa posisi meringkuk bisa membuat otot-otot perut lebih rileks. Dokter Jennifer Wider juga mengatakan kalau banyak wanita yang sudah membuktikan bahwa posisi tidur meringkuk ini bisa bantu mengatasi kram perut.

Tidur meringkuk bisa membuat otot-otot di area perut lebih rileks, mengurangi tekanan, dan meredakan nyeri haid.

Meringkuk jadi posisi tidur terbaik saat sedang haid./Copyright shutterstock.com

Tidur dengan kedua kaki rapat juga bisa mencegah "bocor". Mengatur posisi tidur memang penting kalau sedang haid. Karena kadang karena salah posisi, darah haid jadi bocor dan mengotori kasur. Jangan sampai deh, ya.

Dokter Wider juga menambahkan bahwa posisi tidur terburuk bagi wanita yang sedang haid adalah tengkurap. Karena kalau tengkurap, permukaan kasur akan menekan area perut dan rahim yang akan terasa lebih menyakitkan.

Selain mengatur posisi tidur, kamu juga bisa mengompres area perut yang nyeri atau kram dengan air hangat untuk meredakannya. Pastinya juga istirahat yang cukup, ya ladies biar sakitnya nggak makin menyiksa.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA