KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Atasi Sembelit Secara Alami, Konsumsi Stroberi dengan Cara Ini

Senin, 04 September 2017 15:50 Penulis: Endah Wijayanti
Mengatasi sembelit./Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Susah buang air besar atau buang air besar nggak teratur, duh rasanya pasti nggak enak banget, ya. Kalau sistem pencernaan terganggu atau BAB nggak lancar, kesehatan tubuh bisa ikut terganggu. Berbagai penyakit lain bisa mengintai.

Saat mengalami sembelit, selain perlu banyak-banyak minum air putih, kita juga perlu lebih memerhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Apa yang kita konsumsi bisa membantu mengatasi sembelit. Seperti mengonsumsi buah stroberi dan minyak zaitun.

Yap, mengonsumsi buah stroberi dengan minyak zaitun merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi sembelit. Dikutip dari boldsky.com, stroberi ini kaya akan antioksidan dan serat yang bisa membantu memperlancar proses pengeluaran feses. Sementara minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat melicinkan dinding usus untuk membantu proses buang air besar lebih lancar.

Siapkan buah stroberi dan minyak zaitun./Copyright thinkstockphotos.com

Yang perlu kamu siapkan adalah 350 gram buah stroberi segar dan 1 sdm minyak zaitun (olive oil). Campurkan kedua bahan hingga benar-benar lumat, lalu konsumsi setiap malam setelah makan malam. Konsumsi ramuan ini setiap hari selama satu bulan untuk mendapat hasil optimalnya.

Konstipasi atau sembelit ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti dehidrasi, pola makan buruk, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, kurang olahraga, dan sebagainya. Bagi wanita, sembelit juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, seperti haid dan hamil.

Terkadang sembelit juga disertai dengan masalah lain seperti sakit perut, mual, muntah, rasa perih di anus, dan gastritis. Mengonsumsi makanan yang kaya serat merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Imbangi juga dengan olahraga rutin untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membuat pencernaan lebih lancar, ya ladies.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA