Sukses

Beauty

Bukti Penelitian, Handphone Bisa Lebih Jorok & Berpenyakit dari Toilet

Karena dipakai setiap hari, seharusnya tidak mengejutkan jika handphone bisa lebih jorok dari toilet. Meski memang tidak dipakai di dalam toilet, ada kemungkinan besar bakteri toilet juga menempel di handphone setelah kamu keluar dari kamar mandi.

Survey yang dilakukan website yang melihat perilaku konsumen, Deloitte, menemukan bahwa kebanyakan orang menggunakan ponsel mereka 47 kali per hari, yang mana menjadi kemungkinan besar banyaknya mikroorganisme yang akan menempel dan berkembang biak di badan ponsel.

"Karena orang selalu membawa ponsel mereka ke mana saja, bahkan di situasi yang secara normal seharusnya mereka mencuci tangan lebih dulu sebelum memegang apa pun, ponsel menjadi benda yang kemungkinan besar lebih jorok dari apa pun," ungkap Emily Martin, asisten profesor epidemiologi Kesehatan Masyarakat dari University of Michigan School.

Penelitian melihat berapa banyak rata-rata bakteri yang ada di ponsel dan menemukan lebih dari 17.000 salinan gen bakteri pada ponsel anak sekolah. Peneliti dari University of Arizona juga menemukan bahwa ponsel bisa membawa 10 kali lipat bakteri lebih banyak daripada tempat duduk toilet.

Kulit manusia secara natural memang ditinggali berbagai macam bakteri tapi tidak membahayakan tubuh, dan bakteri alami itu jelas akan ada di ponselmu, dan untungnya hal inilah yang membuat ponsel tidak se-berbahaya kelihatannya meski punya banyak bakteri.

Tapi tentu saja menjaga kebersihan diri, terutama tangan dan hal-hal yang kamu pegang akan membuat ponselmu lebih aman dan tidak membahayakan kesehatan. Karena ada kalanya peneliti menemukan adanya bakteri patogen seperti Streptococcus, MRSA dan bahkan E. coli karena kurang bersihnya gaya hidup pemilik ponsel.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading