KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Ladies, Membersihkan Karang Gigi Ternyata Bisa Mengusir Bau Mulut

Selasa, 29 Agustus 2017 16:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Copyright Vermale.com/Anisha SP

Vemale.com - Banyak masyarakat berpikir ketika sudah menggosok gigi tiga kali sehari, gigi pun akan bersih dan sehat. Padahal, pendapat itu kurang tepat karena masih ada sisa makanan yang tersisa disela-sela gigi kita.

Nah ladies sebaiknya, kamu menambah perawatan gigi seperti scaling atau membersihkan karang gigi. drg. Jessica Godjali menjelaskan mengapa kita harus rajin membersihkan karang gigi. Menurutnya, karang gigi terjadi karena adanya plak sisa makanan yang saat kita bersihkan, sisa makanan tidak terangkat semua.

"Saat kita sikat gigi pasti sisa makanan masih tersisa seperti di bagian belakang, oleh karenanya sisa makanan ini menetap dalam jangka waktunya yang lama, dan mengeras menempel di gigi. Jadilah karang gigi, semakin tebal karangnya, akan menekan gusi dan membuat menjadi radang dan gusi berdarah," ujar drg. Jessica saat ditemui di Beautylogica, Jakarta.

Masih menurutnya, membersihkan gigi secara menyeluruh bertujuan untuk menciptakan gigi dan gusi yang sehat, serta menghindarkan kita dari bau mulut. Sebab karang gigi yang menetap lama dapat membuat bau mulut.

Membersihkan karang gigi akan membuat gigi dan gusi lebih sehat serta bebas bau mulut/copyright Vemale.com/Anisha SP

Nah ladies, hal pertama yang dilakukan ketika scaling ialah dokter gigi akan memeriksa sebanyak apa karang gigi kita, apakah ada yang sudah menghitam atau menguning. Barulah, akan dilakukan pembersihan karang yang memakan waktu tidak begitu lama, yaitu hanya 20-30 menit, namun jika karang gigi sedikit hanya butuh waktu 15 menit saja. Setelah itu, dokter gigi akan membersihkan gigi menggunakan pasta gigi agar gigi lebih bersinar. Dan yang terakhir, kamu akan diberikan obat kumur agar gigi lebih bersih.

Saat kamu membersihkan karang gigi, tidak perlu khawatir akan rasa sakit. Karena saat dibersihkan benar-benar tidak terasa menyakitkan. Namun, jika karang gigi banyak gigi hanya akan terasa linu.

"Jika karang giginya banyak, gigi akan ngilu paling lama seminggu. Jika linu gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, serta obat kumur yang diresepkan dokter. Setelah seminggu, gigi tidak akan linu lagi karena gusi sudah terangkat.

Baiknya melakukan scaling enam bulan sekali, dengan dokter profesional seperti di klinik Beautylogica. Dengan menggunakan kelengkapan alat gigi yang canggih dan higienis. Nah ladies, jadi jangan malas untuk rutin membersihkan gigi yah, agar tidak bau mulut yang tentu membuat kepercayaan diri menurun.

(vem/asp/mim)
KOMENTAR PEMBACA