KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Kaki Bengkak? Mungkin Kebiasaan Buruk Ini yang Jadi Masalahnya

Jum'at, 18 Agustus 2017 07:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Penyebab kaki bengkak/copyright Pexels.com

Vemale.com - Kaki bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Kamu tidak harus terbentur meja dulu untuk mengetahui kakimu bengkak. Terkadang, kaki bengkak disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kamu lakukan setiap hari, salah satunya adalah terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk.

Kaki bisa mengalami pembengkakan karena aliran darah tidak lancar saat kamu terlalu lama berdiri. Otot dan pembuluh darah yang tertarik pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama dan aliran darah terlalu banyak turun ke kaki karena efek gravitasi. Bukan hanya otot akan mengalami kelelahan, sebagai reaksinya, akan timbul inflamasi atau pembengkakan di kaki.

Begitu pula jika kamu duduk terlalu lama. Kaki punya otot, tendon, ligamen dan sendi yang seharusnya dilatih dengan cara digerakkan ke mana-mana. Tapi ketika kamu bekerja dan duduk terlalu lama, kamu mengurangi aktivitas yang seharusnya didapat kaki dan aliran darah kurang lancar sehingga menyebabkan kaki bengkak.

Untuk mengatasinya, kamu perlu olahraga sedikit untuk melatih otot kaki. Bisa dengan jalan-jalan memutari ruangan, naik tangga, makan siang di luar dengan jalan kaki dan sebagainya.

Jadi jangan heran jika kemudian kamu melihat kakimu bengkak, mungkin bukan karena kamu sedang gemuk, tapi karena kamu kurang aktivitas dan olahraga saja.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA