Sukses

Beauty

Berapa Jumlah Kalori yang Seharusnya Kamu Makan Per Hari?

Jika ingin punya berat tubuh ideal, satu hal yang harus kamu lakukan adalah tidak makan berlebihan. Setiap makanan punya kalori dan tubuh membutuhkannya agar kamu bisa beraktivitas normal. Hanya saja, konsumsi kalori berlebihan tidak baik buat tubuh, karena akan diubah dan simpan menjadi lemak di tubuh.

Itulah mengapa kamu perlu tahu berapa banyak kalori yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Seperti dikutip dalam Goodhousekeeping.com, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari didasarkan pada tingkat metabolisme basal tubuh, bersamaan dengan seberapa banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan.

Yang dimaksud metabolisme basal adalah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan semua aktivitas yang penting untuk kehidupan, seperti pernapasan dan pencernaan. Perhitungan ini mencakup kurang lebih 70% dari total kebutuhan kalori harian kamu, jadi sangat penting untuk memastikan kamu memenuhi kalori tubuh dengan benar.

Seperti dikatakan ahli nutrisi Amerika, Felicia Stoler, DCN, MS, RD, FACSM, "Saya tidak merekomendasikan mengonsumsi kalori lebih dari 1.600 kalori per hari, jika tinggi badan kurang dari 160 cm." Namun tentu saja kebutuhan kalori juga bergantung dari aktivitas harianmu. Semakin aktif kamu, semakin tinggi kebutuhan energi yang dibutuhkan.

Tapi pastikan kamu tidak makan terlalu sedikit, karena kekurangan kalori akan membuat tubuh kekurangan nutrisi sehingga tak bisa menjalankan fungsi organ dengan optimal. Kamu bisa jatuh sakit jika dalam kondisi ini.

Jadi, intinya sebenarnya sederhana, kamu hanya perlu memastikan mengonsumsi kalori yang sesuai dengan aktivitas fisik sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa menjaga berat badan ideal.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading