KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Membersihkan Telinga, Ear Candle Aman Digunakan Jika Dilakukan dengan Tepat

Jum'at, 11 Agustus 2017 17:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Penggunaan ear candle untuk telinga/copyright Well Touch | PHYSIOTHERAPY CENTER

Vemale.com - Sempat ngetren dahulu, ear candle yang dikatakan bisa mengangkat kotoran telinga punya banyak pro-kontra soal aman atau tidaknya pemakaian alat ini pada telinga. Seperti dikatakan artikel Vemale terdahulu bahwa ear candle tidak disarankan untuk membersihkan telinga, ada hal lain yang menyatakan berbeda.

American Academy of Otolaryngology, Head and Neck Surgery Foundation (AAO-HNSF) mengungkapkan bahwa menggunakan ear candle tidak seluruhnya berbahaya apabila dilakukan dengan tepat.

Pengertian salah selama ini menganggap bahwa ear candle menarik keluar lilin dari dalam saluran telinga. Banyak yang salah paham bahwa menggunakan ear candle bisa merusak saluran dan gendang telinga.

Padahal, tubuh punya kemampuan menakjubkan memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri ketika tubuh dalam tingkat kesehatan seimbang. Saat rileks, tubuh yang sehat akan melakukan kapasitasnya sendiri untuk memperbaiki diri. Dan penggunaan ear candle tidak serta merta bisa merusak telinga, karena tidak masuk ke liang telinga.

Meski ear candle memang tidak ditujukan sebagai pengobatan medis atau pengganti obat tertentu, tapi dibandingkan obat kimia Tylenol, ear candle dianggap lebih aman digunakan. Karena sebenarnya ear candle secara prinsip teoritis, bekerja hampir sama dengan akupuntur namun tanpa jarum.

Ear candle aman digunakan/copyright Harmony's ear candle

Tak hanya membersihkan telinga, penggunaan ear candle bisa menciptakan efek relaksasi dan menjaga keseimbangan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk itu penting, bukan hanya untuk kepentingan pendengaran yang optimal, namun juga mencegah timbulnya rasa gatal, dan penyakit seperti infeksi sinus, sinus sakit kepala dan migrain.

Jadi, tidak ada salahnya menggunakan ear candle karena pembuatan ear candle sendiri tidak mengandung bahan berbahaya dan penggunaan yang benar tak akan memberi efek samping. Untuk informasi lebih lanjut tentang ear candle, kamu bisa kunjungi www.harmonycone.com dan www.earcandling.info

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA