KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Aduh, Kebanyakan Lembur Berisiko Kena Stroke

Jum'at, 04 Agustus 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Jangan kebanyakan lembur ya./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Bekerja memang jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Karena harus memenuhi kebutuhan hidup dan aktualisasi diri, banyak wanita yang juga memiliki banyak kesibukan bekerja. Tapi bukan berarti kita menghabiskan semua waktu untuk kerja dan lembur.

Lembur boleh-boleh saja asal tidak berlebihan. Kesehatan tetap jadi prioritas utama saat bekerja. Kalau kamu keseringan lembur, kamu bisa berisiko mengalami masalah kesehatan. Seperti yang dikutip dari cosmopolitan.co.uk, kebiasaan lembur dapat meningkatkan risiko terserang stroke 3 kali lipat dibanding orang normal.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Lancet Medical Journal, para peneliti menemukan bahwa orang yang bekerja 3 jam lebih lama dari seharusnya, memiliki risiko 33% lebih besar untuk terserang stroke. Wah, sangat berisiko sekali ya ternyata.

Kebanyakan lembur berisiko stroke./Copyright shutterstock.com

Kebanyakan lembur juga sangat mengganggu kualitas kesehatan dan pola hidup. Orang yang sering lembur cenderung tidak memiliki waktu untuk olahraga teratur, makan sehat dan teratur, atau istirahat yang cukup. Dan kombinasi ketiganya amat buruk bagi kesehatan tubuhmu.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif kebanyakan lembur? Kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan jam kerja semaksimal mungkin. Sehingga kamu tidak perlu waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Juga bisa dikomunikasikan dengan atasan soal kebijakan lembur yang lebih baik.

Atur waktu untuk bisa tetap olahraga dengan rutin. Seperti mengganti jadwal olahraga menjadi pagi hari. Jangan lupa diimbangi dengan makan sehat dan teratur, serta istirahat yang cukup. Saat sudah berada di luar kantor, kerjakan hal-hal yang lebih penting dan membutuhkan lebih banyak perhatianmu.

Menyeimbangkan waktu dan prioritas memang butuh usaha. Tapi demi kebaikan dan kesehatan, kita memang perlu selalu mengusahakan melakukan segala sesuatunya sesuai dengan takarannya.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Rossa Sempat Ada Pikiran Berhenti Nyanyi