Sukses

Beauty

Benarkah Film ''13 Reasons Why'' Picu Remaja Cari Tahu Cara Bunuh Diri?

Ladies, bagi kamu movie-junkie, tentu sudah nggak asing lagi dengan serial "13 Reasons Why". Film yang diadaptasi dari novel berjudul Thirteen Reason Why karya Jay Asher ini memang begitu fenomenal tahun ini.

"13 Reasons Why" menceritakan tentang seorang gadis remaja bernama Hannah yang bunuh diri dan meninggalkan rekaman-rekaman tentang 13 alasan mengapa ia memutuskan mengakhiri hidupnya.

Seiring dengan naik daunnya film ini, beberapa waktu belakangan cukup banyak kejadian tragis artis-artis ternama yang memutuskan mengakhiri hidup dengan bunuh diri, misalnya Chester Bennington. Seolah bunuh diri, depresi dan kecemasan menjadi momok yang sangat menghantui akhir-akhir ini.

Tahukah kamu, Ladies, dilansir dari highsnobiety.com, semenjak serial "13 Reasons Why" populer, kata kunci pencarian di Google tentang "bagaimana cara bunuh diri" juga meningkat, bahkan hingga 26 persen.

Kisah Hannah dan 13 alasan misteriusnya/Copyright hollywoodreporter.com

Selena Gomez, penyanyi yang juga merupakan produser eksekutif dari serial ini, berharap agar "13 Reasons Why" mampu meningkatkan kesadaran remaja tentang melawan depresi dan bunuh diri. Namun, para psikolog dan tenaga pendidik justru mengkhawatirkan hal sebaliknya yang terjadi. Melihat begitu hype-nya film ini dan dikhawatirkan remaja meniru perilaku yang ditampilkan dalam film yang diadaptasi dari novel tahun 2007 ini.

Netflix telah memberikan rating TV-MA (TV - Mature Audience Only) atau hanya untuk penonton dewasa, dan beberapa episode telah diberi peringatan terkait materi eksplisit.

Para pendidik dan psikolog berharap agar tayangan-tayangan yang mengandung konten bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, dihapus. Kreator juga diharapkan untuk selalu menampilkan nomor hotline pertolongan bunuh diri di setiap awal episode.

Melihat begitu banyaknya kasus bunuh diri akhir-akhir ini, bagaimana menurutmu seharusnya media menayangkannya, Ladies? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar berikut ini ya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading