KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Bukti Penelitian: Alpukat Bisa Menyembuhkan Radang Otak

Sabtu, 29 Juli 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Alpukat bisa turunkan risiko radang pada otak/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Jika kamu kebetulan suka makan buah, buah apa yang paling sering kamu makan? Jika alpukat termasuk salah satunya, maka berita berikut ini pasti jadi berita baik yang membuatmu lebih suka lagi makan alpukat. Karena ternyata, alpukat bisa menyembuhkan radang pada otak.

Alpukat bukan hanya punya kandungan lemak sehat, tapi juga mampu menurunkan kolesterol kaya vitamin dan asam omega-3. Bukan hanya bisa menjaga kesehatan jantung atau kardiovaskuler. Tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan manfaat lain makan alpukat.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Frontiers in Aging Neuroscience, mengukur aktivitas otak dan level lutein (karotenoid yang membantu melindungi otak) dari 60 orang berusia antara 25-45 tahun saat melakukan tugas berat.

Hasilnya, ditemukan bahwa alpukat, telur dan sayuran berdaun hijau punya kandungan lutein yang bertindak sebagai anti-inflamasi atau radang di otak sehingga membantu meningkatkan fungsi otak. Bahkan untuk orangtua yang mengonsumsi makanan berlutein tinggi, punya kinerja otak sama baiknya dengan otak anak muda dengan kadar lutein rendah.

"Semakin tua, orang akan mengalami penurunan fungsi kognitif (otak),"ujar penulis penelitian, Anne Walk. Itulah mengapa peneliti menyarankan banyak orang, terutama orang tua, untuk makan lebih banyak makanan kaya lutein untuk mencegah radang otak agar fungsi kognitif/otak tetap terjaga.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA