1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Turun 23 Kg dalam 5 Bulan! Ini Curhatan Suhana: Susahnya Jadi Orang Gendut

Kamis, 27 Juli 2017 14:40 Penulis: Febi Anindyakirana
Diet dan berhasil turunkan 23 kg/copyright Ana Suhana

Vemale.com - Saya, Ana Suhana, sudah mengalami kegendutan ini lama banget. Jadi orang langsing, hitungan bulan ketika saya nekat pakai obat diet, uang habis dan setelah balik, jadi lebih gendut. Kok judulnya susah jadi orang gendut?

Sederhana, setiap lagi pakai baju selalu pakai baju orang gendut, nah giliran beli baju bermodel yang udah lumayan mahal, ujung-ujungnya lipatan lemak di perut masih susah disembunyikan. Ketika kita bertubuh gendut, saya sering dikira usianya lebih tua dari usia sebenarnya, sedih banget. Belum lagi hinaan dan ejekan, dibilang gendut pasti rakus lah, pasti malas lah.

Susahnya lagi kalau jalan kaki, baru bentar aja dengkul rasanya sakit, nyeri sendi, dan dikit-dikit flu, batuk, pilek, dan migrain. Sering sekali daya tahan tubuh kurang maksimal, dengan seabrek susahnya jadi orang gendut, SAYA SUDAH PUNYA KEMAUAN KUAT untuk MEMUTUSKAN, dengan cara mengubah:

1. MINDSET: SAYA HARUS BISA, SAYA KALI INI AKAN BERJUANG TANPA KENAL MENYERAH.

2. POLA MAKAN, PANTANGAN MAKAN:

  • Nasi
  • Aneka gorengan, makanan bersantan
  • Mie, bihun, kwetiau
  • Roti
  • Aneka kue manis, kerupuk, keripik, biskuit 
  • Aneka junk food, pizza, burger, ayam kentucky dan lainnya. 
  • Aneka minuman soda dan manis seperti sirup

Hasil diet yang tidak sia-sia/copyright Ana Suhana

POLA MAKAN

  • Sarapan: Buah (apa aja boleh kecuali durian dan nangka)
  • Snack pagi (jam 10 dan sore (jam 3): buah, singkong, ubi, jagung, kacang, kuaci (semua diolah dengan direbus, kukus, dan panggang)
  • Makan siang dan sore: protein dan sayur

PROSES PENGELOLAAN MAKANNYA DENGAN 3 CARA:

  1. Dikukus
  2. Direbus
  3. Dipanggang

Kini jadi lebih percaya diri/ copyright Ana Suhana

Kalau sayur masih boleh dimasak dengan sedikit minyak. Diet nggak boleh menyiksa dan boleh pakai bumbu. Olahraga minimal 1 jam, olahraga yang murah meriah saja seperti jalan kaki, jogging, beres-beres rumah, main sama anak.

Setelah kisah diet saya diangkat di Vemalejadi banyak cewek yang terinspirasi diet seperti saya, sampai-sampai saya sukses menerbitkan buku.

Buku yang diterbitkan Ana Suhana/copyright Ana Suhana

Jadi jangan terus pasrah, terima nasib jadi orang gendut. Ayo semangat raih mimpi, kalau sayang yang dulu gendut ini bisa meraih berat badan ideal, turun 23 kg dalam 5 bulan saja, sahabat Vemale pasti juga bisa, dan harus bisa. Semangat ya!

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Tambah Hoki, Pakai Warna Baju Sesuai Tanggal Lahirmu