Sukses

Beauty

Awas! Naive Subject Bisa Sebabkan Obesitas Hingga Penyakit Jantung Koroner

Saat berada di tempat umum, memang banyak makanan yang dijajakan, membuat kita tergiur untuk membelinya. Tanpa disadari membuat pola makan kita tidak terjaga, alhasil batas kalori harian kita jadi berlebih.

"Kondisi seperti ini disebut Naive Subject. Kenapa namanya naive, karena senyawa atau zat gizi yang tiba-tiba melonjak dalam jumlah tinggi ini sering tidak terekspos, sehingga responnya jadi ekstrim," jelas Prof. Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST, saat ditemui dalamĀ  acara Jakarta Food Editor's Club (JFEC) di Serpong, Tangerang Selatan.

Selain makanan yang tidak terkontrol, mencoba berbagai diet tak terkontrol Naive Subject, yang tak jarang didukung dengan gula, garam dan lemak yang berlebihan. Inilah yang dapat memicu meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti jantung koroner, obesitas, diabetes, stroke hingga osteoporosis. Melihat masalah tersebut, kita harus menyesuaikan asupan makanan yang dikonsumsi, dengan kebutuhan tubuh, sehingga tercipta sebuah pola konsumsi harian.
Copyright: Vemale.com/Anisha Saktian Putri
Orang dewasa sendiri membutuhkan rata-rata asupan kalori harian 2000 kkal. Untuk protein anjurannya 15-20 persen dari total kalori. Jika 2000 kkal, 20 persennya berarti 400 gram protein. Jumlah itu dibagi menjadi tiga kali waktu makan, pagi, siang, malam berarti kurang lebih 100 gram.

"Jumlah antara makan pagi, siang dan malam adalah sama, mengingat protein sangat penting untuk membantu proses regenerasi sel-sel yang rusak atau usang," tambahnya.

Sebaiknya, jumlah karbohidrat saat sarapan lebih banyak dibandingkan waktu makan siang dan malam. "Karena jeda makan pagi ke makan siang cukup lama. Jam 9-10 jangan sampai lapar lagi supaya kita tetap bisa produktif. Makan siang sebenarnya porsinya bisa sama dengan sarapan, tapi harus lebih sedikit dengan makan malam," tuturnya.

Sementara untuk sayur dan buah 450 gram perhari adalah jumlah yang ideal, di mana 250 gram sayuran dan 150 gram buah perhari. Ini dikarenakan, kata dia, selain vitamin dan mineral, serat pangan dan antioksidan alami juga penting untuk kebugaran tubuh.

Nah Ladies, yuk sebisa mungkin selalu menjaga asupan makanan agar tubuh senantiasa sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang berbahaya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading