Sukses

Beauty

Cilok dan Jajanan Berbahan Tapioka Memang Enak, Tapi Apakah Menyehatkan?

Hayo, siapa nih yang doyan jajan cilok? Cilok, cimol, cilor, dan semua jajan berbahan tepung tapioka (aci/kanji) ini memang enak. Rasanya yang kenyal memang bikin ketagihan.

Tapi pernah nggak kepikiran, apakah cilok dan jajanan berbahan tepung tapioka itu menyehatkan? Pada dasarnya tepung tapioka itu sendiri memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk kesehatan. Yuk, kita kupas satu per satu soal manfaat tepung tapioka yang jadi bahan utama cilok.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan
Dilansir dari boldsky.com, tepung tapioka itu mengandung selenium, tembaga, kalsium, mangan, dan besi. Selain itu, tepung tapioka juga mengandung vitamin B6, folat, dan asam pantotenat, juga serat. Kandungan serat tepung tapioka ini bisa baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi, dan mencegah kanker usus besar.

Mencegah Anemia
Tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel-sel darah yang baru. Dan tapioka juga salah satu bahan makanan yang mengandung zat besi sehingga mengonsumsinya bisa cukup baik untuk mencegah anemia sekaligus menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Tepung yang terbuat dari singkong ini kaya manfaat./Copyright jamieoliver.com

Menjaga Tekanan Darah
Kalium yang terkandung dalam tapioka bisa bantu mengurangi stres di pembuluh darah dan arteri. Selain itu bisa membantu menjaga keseimbangan dan kestabilan cairan dalam tubuh.

Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal
Tubuhmu terlalu kurus? Mengonsumsi makanan berbahan tapioka bisa jadi cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, tapioka tak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga aman dikonsumsi dalam batas wajar.

Menjaga Kesehatan Tulang
Mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K, tapioka juga baik untuk kesehatan tulang. Tapioka juga bisa mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis. Selain itu tapioka juga mengandung protein yang baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan protein tubuhmu.

Yap, tepung tapioka sendiri memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh. Kita bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi aneka olahan makanan dan jajanan berbahan utama tapioka dalam batas wajar. Dan saat mengonsumsi jajanan berbahan tapioka, pastikan bahan-bahan tambahan yang terkandung di dalamnya juga bisa memberi manfaat yang baik untuk tubuh, ya.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading