Sukses

Beauty

10 Menit Setelah Minum Soda, Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu

Bagi kamu yang suka minum soft drink atau soda, mungkin kamu tak sadar bahwa satu atau dua kaleng soda saja sudah bisa memberi banyak pengaruh buruk terhadap kesehatan, seperti misalnya obesitas dan diabetes. Tapi apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuhmu setelah minum soda?

Dikutip dari The Renegade Pharmacist, ini yang terjadi di dalam tubuhmu 10, 20, 40 dan 60 menit setelah minum soda.

  • Setelah 10 menit: Sepuluh sendok teh gula yang masuk ke tubuh memenuhi kebutuhan gula harianmu. Dalam tahap ini, masih aman dan konsumsinya wajar.
  • Setelah 20 menit: Kadar gula darah naik dan insulin dilepaskan ke pembuluh darah, dan organ hati merespon dengan cara mengubah gula menjadi lemak.
  • Setelah 40 menit: Memasuki waktu ini, tubuh menyerap kafein soft drink, pupil mata melebar, tekanan darah meningkat, dan hati memompa lebih banyak gula ke dalam aliran darah. Kamu merasa lebih waspada. Lima menit kemudian, tubuh meningkatkan produksi dopamin yang menimbulkan rasa menyenangkan di otak.
  • Setelah 60 menit: Kamu akan merasa ingin buang air kecil untuk mengeluarkan mineral lain yang tidak diserap tubuh, seperti kalsium, seng, magnesium, sodium, elektrolit dan air. Namun setelah itu, tubuh akan merasa lelah, kehausan dan lemas.

Soda dengan mudah meningkatkan berat badan dan mengundang penyakit/ copyright Shutterstock.com

Ahli farmasi, sekaligus pengelola blog The Renegade Pharmacist, Niraj Naik, mengungkapkan bahwa minuman bersoda dan gula di dalamnya sangat bisa menaikkan berat badan dengan cepat, menaikkan tekanan darah, mengacaukan metabolisme dan meningkatkan penyakit jantung. Jadi ia menyarankan untuk mengganti soda dengan minuman lain seperti es lemon atau jus saja. 

Sudah tahu kan apa yang terjadi di dalam tubuh setelah minum soda? Jika memang efeknya tidak terlalu baik untuk tubuh, yuk kurangi konsumsinya dari sekarang, ladies!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading