Sukses

Beauty

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah yang Benar? Berikut Tips Dokter

Ladies tentu kamu sudah tahu buah dan sayur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi sangat baik untuk tubuh. Itulah kenapa setiap hari kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK pun menjelaskan, setiap warna pada buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda seperti buah berwarna merah yang memiliki likopen serta vitamin C yang dapat mengurangi risiko sakit kanker dan jantung. Dan masih banyak lagi warna-warna buah yang memiliki manfaat menakjubkan bagi tubuh.

Untuk itu, dr. Fiastuti menyarankan sebaiknya mengonsumsi buah secara bervariasi, tidak hanya makan buah yang itu-itu saja tiap harinya, untuk manfaat yang lebih tinggi lagi. Lalu bagaimana mengonsumsi buah secara benar agar vitamin dalam buah tidak hilang?

Menurut dr. Fiastuti dalam sehari seharusnya ketika makan setengah piring sayur dan buah, nasi bisa diganti roti gandum atau kentang dengan kulit. Usahakan per harinya ada dua jenis buah yang dikonsumsi.

"8 porsi atau 4,5 mangkuk dari beberapa jenis buah dan sayur per hari: 400 gram buah dan sayur per hari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayur per hari," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Usahakan konsumsi buah yang variatif setiap harinya./Copyright thinkstockphotos.com

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah, menurut dr. Fiastuti antara lain.

1. Jangan terlalu manis seperti sawo, nangka, atau kelengkeng.
2. Buah murah seperti apel, naga, jambu biji juga baik bagi kesehatan.
3. Tidak ada aturan kapan buah harus dikonsumsi, jadi makanlah buah sesuai kebutuhan.
4. Makan buah secara utuh, jangan dipotong. Maksudnya adalah ketika kamu ingin membawa buah kemana pun kamu pergi, sebaiknya jangan dipotong terlebih dahulu karena akan terpapar sinar matahari, jika terkena panas akan terjadi risiko kerusakan. Kalau buah dipotong, maka harus dikonsumsi saat itu juga.
5. Buah utuh lebih bagus dikonsumsi, dibandingkan dibuat jus karena saat dijus serat akan terbuang.
6. Infused water hanya akan mendapat rasa dari buah tersebut saja, tanpa mendapat vitamin dari buah tersebut.

Nah, itu tadi sejumlah hal penting yang perlu kita ketahui soal mengonsumsi buah. Semoga infonya bermanfaat, ladies!

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading